Islamic Sociopreneur Development Program

oleh BSMU
71 Campaigns Created
0.01%
Rp10.000 dari target Rp100.000.000 goal
Minimum amount is Rp10000 Maximum amount is Rp
Rp

    Supriyanto: Memberdayakan Petani Kopi Hingga Mengekspor 617 kg Kopi ke Taiwan

    Terbiasa menjual hasil tani dari kebun orang tuanya sejak kecil, membuat Supriyanto (21) bertekad untuk mandiri dan mengelola usaha sendiri. Mahasiswa angkatan 2018 Universitas Andalas ini mengelola usaha pemrosesan kopi dengan nama “PTL Coffee”. Supri−begitu ia dipanggil−merintis usaha kopi dengan memberdayakan potensi kopi di desa asalnya.

    Supri berasal dari Desa Wonorejo, Kecamatan Sangir, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. Desa dengan ketinggian 600 – 1300 meter di atas permukaan laut tersebut memiliki komoditas unggulan berupa kopi robusta dan kopi arabika

    Pola bisnis yang dijalankan Supri berbentuk sociopreneur atau bisnis sosial. Artinya, selain melakukan aktivitas usaha, Supri juga melakukan pemberdayaan masyarakat. Sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian, Supri mempraktikkan ilmunya di kampus ke petani kopi tentang teknik tanam, teknik panen, dan pengolahan pascapanen. Ditambah lagi, Supri membeli hasil panen kopi petani dengan harga yang jauh lebih kompetitif. Dari intervensi ini, Supri mendapatkan kopi berkualitas tinggi untuk dipasarkan.

    Untuk pemasaran, Supri pernah mengekspor 617 kg biji kopi ke Taiwan dan juga pernah mengekspor ke Mesir dengan nilai sekitar Rp219.000.000. Supri juga telah memberdayakan 9 petani kopi dan dalam waktu dekat, akan ada 10 petani lagi yang menjadi mitra pemberdayaan.

    Pola bisnis sociopreneur atau bisnis sosial ini menjadi pembeda usaha Supri dengan pengusaha sejenis di desanya.

    Akselerasi Bisnis Ketika Mengikuti ISDP

    Termotivasi mengasah kemampuan bisnis sosialnya, Supri memutuskan mengikuti program ISDP (Islamic Sociopreneur Development Program) yang digagas oleh Yayasan BSM Umat. Program ISDP bertujuan untuk membentuk sociopreneur muda yang berkarakter islami, profesional, dan memiliki kepedulian sosial masyarakat. Penerima manfaat program ini merupakan mahasiswa-mahasiswa terpilih dari kampus yang ada di Indonesia.

    Di program ISDP, selain mendapatkan bantuan uang kuliah dan bantuan biaya hidup, Supri juga mendapatkan akses permodalan serta mentoring bisnis sosial untuk mahasiswa secara intensif. Saat ini, manfaat program ISDP sudah dirasakan ratusan mahasiswa terpilih dari kampus IPB, UGM, Universitas Hasanuddin – UIN Jakarta, STEI SEBI, Universitas Airlangga, dan Universitas Andalas. Program ini terwujud berkat dukungan dari donatur yang mempercayakan infak sedekahnya melalui BSM Umat.

    Mari hadirkan lebih banyak sociopreneur handal dari kampus yang siap memberdayakan masyarakat dengan cara berdonasi di Islamic Sociopreneur Development Program

    Tidak hanya berdonasi, Sahabat juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu. Siapkan amal terbaik dan jangan sampai terlewatkan kesempatan emas ini. Donasi Sahabat mencerminkan kuatnya ukhuwah (persaudaraan) menumbuhkan rasa saling tolong menolong bagi sesama.

    SHARE :

    Facebook
    Whatsapp

    NameDonate AmountDate
    Hamba Allah Rp10.000February 07, 2022

    Ulasan

    Belum ada ulasan.

    Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Islamic Sociopreneur Development Program”

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *