Facebook

Mendahulukan Kepentingan Orang Lain Jalan Menuju Husnul Khatimah

Waktu terus berjalan tanpa menunggu apapun yang sedang dikerjakan seseorang. Tidak mengenal tua maupun muda, jika Allah sudah mentakdirkan selesai umurnya maka habis sudah masanya didunia. Siap atau tidak siap, setiap manusia yang sudah berpisah dengan dunia harus melanjutkan perjalanannya ke negeri akhirat.

Dua pekan ini pemberitaan dalam negeri dihiasi dengan kabar hilangnya putra dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang bernama Emmeril Kahn Mumtaz atau disapa Eril di sungai Aare, Swiss. Setelah segala ikhtiar  pencarian Eril, akhirnya membuahkan hasil, jasad Erik ditemukan di Bendungan Engehalde Swis.

Rasa lega dan sedih dirasakan di dalam negeri. Tidak hanya Indonesia tetapi juga di luar negeri salah satunya negeri para nabi yaitu Palestina. Dibalik kesedihan tersebut ada sebuah kebahagiaan yang Allah berikan, banyak kesaksian yang mengatakan bahwa jenazah Eril mengeluarkan bau harum. Orang yang menyolatkan jenazahnya ditaksir hingga jutaan orang.

Banyak orang yang takut kepada kematian tetapi siapa yang tidak ingin jika kematian itu membawanya ke syurga tanpa hisab. Mendapatkan segala kenikmatan yang belum pernah dirasakan didunia. Hal yang tidak mudah hanya orang terpilih yang bisa melakukannya.

Banyak kesaksian dari orang yang bertakziyah ke Pakuan mengatakan bahwa Eril meninggal dalam keadaan husnul khatimah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menjelaskan tentang kematian husnul khatimah dalam haditsnya yaitu;

“Telah menceritakan kepadaku Zuhair bin Harb, telah menceritakan kepada kami Jarir dari Suhail dari ayahnya dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Apa yang dimaksud orang yang mati syahid di antara kalian? Para sahabat menjawab, Wahai Rasulullah, orang yang mati terbunuh karena berjuang di jalan Allah itulah orang yang mati syahid. Beliau bersabda: Kalau begitu, sedikit sekali jumlah umatku yang mati syahid. Para sahabat berkata, “Lantas siapakah mereka wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda, “Barangsiapa terbunuh di jalan Allah maka dialah syahid, dan siapa yang mati di jalan Allah juga syahid, siapa yang mati karena suatu wabah penyakit juga syahid, siapa yang mati karena sakit perut juga syahid. Ibnu Miqsam berkata, Saya bersaksi atas bapakmu mengenai Hadits ini, bahwa beliau juga berkata, orang yang meninggal karena tenggelam juga syahid.” (Hadits Riwayat Muslim).

Banyak kenikmatan yang akan didapatkan bagi orang yang meninggal syahid. Kenikmatan tersebut juga akan turut dirasakan oleh keluarga yang ditinggalkan. Belajar dari kisah Eril, wangi harum dari jasadnya menjadi penghibur bagi setiap orang yang mengenalnya selain itu juga keluarga mendapat undangan pergi haji langsung dari pemerintah Arab Saudi, hal yang sebelumnya tidak terduga.

Namun memiliki akhir baik tentulah bukan sebuah rekayasa atau sesuatu yang dibuat-buat. Butuh keistiqomahan dalam beramal sholeh. Tidak perlu amal tersebut banyak tetapi rutin dilakukan walaupun sedikit itu jauh lebih baik.

Menurut berbagai sumber, Eril memiliki jiwa penolong dan senantiasa meletakkan kepentingan orang lain diatas kepentingan pribadinya. Terbukti  juga saat tenggelam ia sempat menyelamatkan nyawa adiknya terlebih dahulu. Keluarga juga menuturkan, Eril suka menolong dan menjadi panutan keluarganya yang lain.

Sedekah merupakan cara untuk menolong, bisa dengan tenaga juga dengan harta (disebut infaq). Akan lebih baik jika keduanya dilakukan secara bersamaan karena dalam hidup banyak juga orang yang membutuhkan bantuan materi untuk meneruskan hidupnya.

Laznas BSMU sebagai mitra strategis Bank Syariah Indonesia terus mengajak untuk berbuat baik karena masih banyak orang yang membutuhkan bantuan untuk senantiasa bermanfaat untuk orang lain.

Pada tahun 2022 Laznas BSMU memiliki program campaign Go Happy dengan minimal uang Rp 5.000 sudah bisa memberikan sejuta kebaikan dan kemaslahatan bagi mereka yang membutuhkan melalui https://www.bsmu.or.id/gohappy/ .

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari