Facebook

Yuk Simak Sejarah Peringatan Hari Bumi yang Jatuh Hari Ini

Hari Bumi adalah acara tahunan pada 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan . Pertama kali diadakan pada 22 April 1970, sekarang mencakup berbagai acara yang dikoordinasikan secara global oleh EarthDay.org dan diikuti 1 miliar orang di lebih dari 193 negara.

 

Setiap tahun Hari Bumi membawa isu atau tema yang berbeda-beda. Hal tersebut dikarenakan masih banyak isu masalah lingkungan di bumi yang perlu kita selesaikan bersama.

 

Pada tahun 2022, Tema Hari Bumi adalah Berinvestasi di Planet Kita dan menampilkan lima program utama: Pembersihan Global yang Hebat, Mode Berkelanjutan, Literasi Iklim dan Lingkungan, Proyek Kanopi, Makanan dan Lingkungan, dan Tantangan Bumi Global.

 

Tema yang dibawa sebetulnya masih berkaitan dengan tahun sebelumnya 2021 yaitu “Restore Our Earth” yang intinya memperbaiki planet kita.

 

Kalau menilik sejarah, Hari Bumi pertama difokuskan di Amerika Serikat. Pada tahun 1990, Denis Hayes, koordinator nasional asli pada tahun 1970, mengadakan acara internasional dan terorganisir di 141 negara. 

 

Selama dekade menjelang perayaan Hari Bumi yang pertama cukup banyak isu masalah lingkungan terjadi. Salah satunya polusi udara di mana-mana yang disebabkan oleh asap yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik.

 

Dilansir dari laman United States Environmental Protection Agency, sebelum tahun 1970 ada sebuah pabrik yang memuntahkan asap beracun ke udara atau membuang berton-ton limbah beracun ke sungai dan hal tersebut tidak bisa dibawa ke pengadilan.

 

Pasalnya, saat itu belum ada payung hukum yang jelas dan masyarakat tidak menyadari bahwa masalah lingkungan dapat membahayakan kesehatan dan merusak bumi.

 

Kemudian, aktivis lingkungan asal Amerika, Gaylord Nelson mencanangkan adanya Hari Bumi dengan membawa masalah lingkungan, gejolak ekonomi serta politik pada saat itu semakin memburuk ke dalam agenda nasional Amerika Serikat.

 

Saat peringatan Hari Bumi pertama tahun 1970, dua puluh juta orang dari berbagai kalangan berdemonstrasi di berbagai kota di Amerika Serikat menyuarakan masalah-masalah lingkungan yang semakin memburuk.

 

Alhasil, singkat cerita aksi demonstrasi tersebut memberikan dampak positif. Dengan disetujuinya pembentukan badan federal baru untuk menangani masalah lingkungan, Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat yang kini disebut United States Environmental Protection Agency (EPA) sekaligus ditetapkanya Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April.

 

Pada Hari Bumi 2016, Perjanjian Paris yang bersejarah ditandatangani oleh Amerika Serikat, Inggris, Cina, dan 120 negara lainnya. Penandatanganan ini memenuhi persyaratan utama untuk berlakunya rancangan perjanjian perlindungan iklim bersejarah yang diadopsi oleh konsensus 195 negara yang hadir pada Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2015 di Paris. Banyak komunitas yang terlibat dalam aksi Pekan Hari Bumi, kegiatan selama seminggu penuh yang berfokus pada masalah lingkungan yang dihadapi dunia. Pada Hari Bumi 2020, lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia merayakan hari jadi ke-50 dalam apa yang disebut sebagai mobilisasi massa online terbesar dalam sejarah.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari