Facebook

Mau Bayar Zakat Fitrah? Pakai BSI Mobile Aja Gaiss!

Zakat merupakan salah satu dari lima rukun Islam dan disebutkan secara beriringan dengan kata shalat pada delapan puluh dua ayat di dalam AlQur’an, Allah mewajibkan zakat  sebagaimana dijelaskan di dalam Al-Qur’an, dan Sunnah rasul-nya, dan kesepakatan ulama kaum Muslimin.

Kata zakat secara bahasa mempunyai arti bertambah, berkah dan bertambahnya kebaikan. Dan kadang juga bermakna menyucikan, sedangkan menurut istilah zakat merupakan sebuah nama bagi suatu harta tertentu yang wajib diberikan kepada golongan tertentu dengan syarat-syarat tertentu pula.

Pada bulan Ramadhan umat islam seluruhnya diwajibkan untuk membayar zakat fitrah. Selama ia mendapati bulan Ramadhan, dalam keadaan merdeka dan memiliki kelebihan rezeki maka baginya wajib menunaikan zakat fitrah. 

Landasan hukum zakat fitrah

Dari Ibnu Umar Ra, beliau berkata: Nabi Saw mewajibkan zakat fitrah pada bulan Ramadhan sebanyak satu sha’ kurma dan gandum kepada setiap muslim laki-laki dan perempuan, baik merdeka atau budak. (HR. Bukhari No. 1504).

Dari sahabat Ibnu Abbas Ra, beliau berkata: “Rasulullah Saw mewajibkan zakat fitrah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari senda gurau dan ucapan keji, dan sebagai sarana memberi makanan orang miskin. Barangsiapa yang menunaikannya sebelum shalat Id, maka zakatnya diterima. Dan barangsiapa yang menunaikannya setelah salat Id, maka terhitung sedekah biasa” (HR. Ibnu Majah No. 1827).

 

Batas Akhir Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah sebelum batas akhirnya memiliki keunikan tersendiri yaitu muzakki menjadi membantu mustahik yang ingin membayar zakat melalui zakat yang ditunaikannya. Sehingga orang yang tidak mampu terhindar dari perasaan gelisah menghadapi hari raya.

Saat ini Laznas BSM Umat sebagai Lembaga ZISWAF yang terpercaya telah membuka pelayanan zakat fitrah dari awal Ramadhan. Caranyapun sangat mudah bisa melalui https://www.bsmu.or.id/dashboard/layanan-zakat-fitrah/ atau layanan dalam BSI Mobile.

Adapun cara membayar zakat fitrah melalui BSI Mobile adalah sebagai berikut:

1. Login terlebih dahulu ke akun BSI Mobile

2. Anda pilih menu Berbagi – Ziswaf

3. Pilih Zakat Fitrah, Kemudian masukkan kata sandi untuk melanjutkan pembayaran

4. Pilih no rekening yang akan digunakan (jika kamu memiliki lebih dari satu rekening)

5. Pilih Laznas BSM Umat sebagai lembaga penyalur zakat fitrah

6. Pilih berapa jiwa yang akan dibayarkan zakat fitrahnya (50 ribu perjiwa karena beras yang disalurkan adalah beras yang premium)

7. Masukkan pin BSI Mobile Anda

8. Pembayaran Zakat fitrah selesai

Laznas BSMU akan memberikan report penyaluran zakat fitrah melalui slider yang ada di BSI Mobile, website bsmu.or.id dan IG Laznas BSMU. Laporan sebagai bentuk bentuk transparansi dalam penyaluran zakat fitrah. Kemudahan ini menjadi solusi bagi setiap orang yang ingin membayar zakat fitrah.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari