Facebook

Simak Nih, Bacaan Niat Puasa Ramadhan Lengkap Latin dan Artinya

Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat islam disebut pula sebagai syahrul ibadah. Pada bulan ini, semua umat Islam diwajibkan melakukan ibadah puasa mulai dari terbitnya fajar hingga tenggelamnya matahari kecuali orang-orang yang memiliki halangan syar’I (sesuai ketentuan agama).

Niat dalam ibadah memiliki kedudukan yang sangat penting. Amalan yang dikerjakan tidak dilandasi dengan niat dianggap sebagai amalan yang sia-sia, dalam arti tidak mendapatkan nilai ibadah di sisi Allah SWT. Untuk itu, Rasulullah SAW mengingatkan:

“Sungguh setiap pekerjaan itu bergantung pada niat dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang diniatkan.” (HR Bukhari)

Berkaitan dengan niat puasa ulama   mazhab   empat   sepakat   bahwa   puasa   Ramadhan   wajib   dimulai dengan  niat.  Hanya  saja  mereka  berbeda  pendapat  mengenai  teknis  niatnya. Menurut  tiga  mazhab  selain  Malikiyyah,  wajib  mengulangi  niat  di  setiap  kali puasa.

Pendapat    Malikiyyah    ini    juga    lazim    dipakai    di    Indonesia.    Meski penduduknya mayoritas penganut mazhab Syafi’i, tetapi dalam kasus niat puasa  sebulan  ini  mereka  dibimbing  oleh  para  kiai  dan  masyayikh  untuk mengadopsi  teorinya  mazhab  Maliki  dalam  praktik  niat  di  awal  Ramadhan. Banyak   di   beberapa masjid   dan   mushola   saat   malam   pertama   Ramadhan masyarakat dibimbing oleh para tokohnya untuk bersama-sama melaksanakan niat puasa sebulan versi mazhab Malikiyyah.

Namun  demikian masyarakat  tetap  dibimbing  untuk  rutin melaksanakan  niat  puasa  setiap  hari.  Hal  tersebut  dilakukan  sebagai  langkah antisipasi  bila  mana  di  kemudian  hari  lupa  niat,  puasanya  tetap  sah  dan  bisa diteruskan,   sebab   dicukupkan   dengan   niat   puasa   sebulan   penuh   di   awal Ramadhan.

Bacaan Niat Puasa Ramadhan satu bulan

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَمَضَانَ كُلِّهِ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu shauma syahri ramadhaana kulihi lillaahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku niat berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala.”

Bacaan Niat Puasa Ramadhan untuk setiap hari

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

“Nawaitu souma ghodin an adaai fardlu syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aalaa”.

Artinya, “Saya niat puasa besok, untuk menunaikan kewajiban berpuasa pada bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’ala”.

Syekh Abu Bakar Jabir al-Jazairi dalam kitab Minhajul Muslim menuliskan membaca niat adalah salah satu dari tiga rukun puasa. Menurut Syekh, membaca niat puasa merupakan wujud kemantapan hati untuk berpuasa sebagai wujud ketaatan atas perintah Allah SWT dan upaya mendekatkan diri kepada-Nya.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda:

“Barangsiapa yang belum berniat (untuk puasa) di malam hari sebelum terbitnya fajar, maka tidak ada puasa baginya.” (HR. Ad-Daruquthni dan Al- Baihaqi).

Pada tahun ini, Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) sebagai lembaga ZISWAF terpercaya mempunyai beberapa program Ramadhan diantaranya bantuan sembako ke pegawai internal, clean up mosque, paket berbuka dhuafa, paket sembako hari raya, THR on bound dan distribusi fitrah & fidyah. 

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari