Facebook

5 Tips Agar Tetap Produktif dan Fokus Bekerja Saat Puasa

Sebentar lagi kita akan menghadapi bulan suci Ramadhan. Didalamnya ada ibadah yang diwajibkan bagi umat islam yaitu berpuasa selama 1 bulan.

Menahan lapar dan haus dari subuh hingga azan magrib berkumandang yang disebut berpuasa ini, merupakan hal yang membawa kebaikan bagi yang menjalaninya. Namun, disaat berpuasa kita tentunya disarankan untuk memperbanyak juga ibadah tambahan seperti Sholat Tarawih, Baca Al Qur’an dan makan sahur yang dilakukan sebelum beduk subuh berkumandang.

Rutinitas ibadah inilah yang sering membuat tubuh kita kehilangan konsentrasi bila kita tidak menjaganya dengan baik. Walhasil, berpuasanya kita seringkali membuat produktifitas kita menjadi menurun.

Sebenarnya ada kiat-kiat atau tips agar kita tetap bisa berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan sehari-hari meskipun disaat berpuasa. Berikut kiat-kiatnya :

  1. Menjaga jam tidur agar cukup beristirahat

Cara menjaga konsentrasi saat puasa yang pertama merupakan cara yang terbilang cukup mudah dan  memang akan lebih baik jika dijadikan sebuah kebiasaan. Memang, cara menjaga konsentrasi saat puasa ini terlihat mudah, namun apabila Anda merupakan orang dengan daftar kegiatan yang tinggi, tentu ini bisa menyulitkan.

Padahal, apabila Anda kurang tidur dapat mengganggu proses penyimpanan informasi. Terganggunya proses penyimpanan informasi ini akan membuat Anda menjadi lebih sulit dalam mengingat dan mempelajari sesuatu yang baru.

Jam tidur malam standar pada manusia umumnya adalah 7-8 jam. Namun hal ini bergantung kepada masing-masing orang. Jadi, sebisa mungkin walaupun di bulan puasa, Anda harus dapat memastikan bahwa tidur malam Anda tercukupi.

Yang menjadi tantangan saat puasa adalah bagaimana Anda bisa mengatur masalah jam tidur malam ini. Karena, Anda harus bangun sahur juga, dan oleh sebab itu Anda sebaiknya jangan tidur terlalu larut malam.

2. Melakukan Olahraga Ringan

Tidak hanya dengan tidur yang cukup atau kegiatan istirahat lainnya. Namun, dalam menjaga konsentrasi saat berpuasa, Anda harus melakukan kegiatan olahraga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bukan tanpa sebab mengapa olahraga disarankan untuk dilakukan saat puasa. Karena dengan berolahraga, fungsi otak akan meningkat. Hal ini karena oksigen dalam darah menjadi lancar. Aliran darah yang lancar dapat memberi otak asupan oksigen cukup agar dapat meningkatkan fokus.

Terlihat tidak mungkin memang berolahraga saat puasa. Tetapi, olahraga saat puasa sangat tidak mustahil dilakukan. Yang perlu diperhatikan adalah jenis dari olahraga tersebut. Anda bisa melakukan olahraga yang ringan-ringan saja. Cukup berolahraga ringan selama 30 menit hingga 1 jam setelah sahur. Hal ini agar Anda tidak kehilangan banyak cairan untuk cadangan berpuasa.

Anda juga dapat melakukan olahraga ringan namun dengan durasi yang sedikit lebih lama. Olahraga tersebut dapat dilakukan 1 atau 2 jam sebelum berbuka puasa hingga waktu berbuka tiba. Hal tersebut untuk menghindari pusing dan mual karena turunnya gula darah secara drastis.

3. Mengkonsumsi sayur dan buah yang tinggi vitamin

Menjaga asupan nutrisi Anda selama bulan Ramadhan sangat diperlukan. Agar konsentrasi selalu terjaga dan kinerja Anda selalu pada tingkat yang optimal, pastikan Anda mendapatkan asupan nutrisi dari makanan yang seimbang dan kaya akan vitamin pada saat berbuka dan santap sahur.

Jika Anda akan menentukan menu makanan untuk santap sahur, pastikan Anda mengonsumsi berbagai jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin B, C, E, dan magnesium. Jenis vitamin tersebut dapat ditemukan pada makanan seperti jeruk, wortel, bayam dan sayuran hijau lainnya. Buah-buahan dan sayuran dapat mendukung konsentrasi Anda, agar tetap baik selama beraktivitas seharian penuh pada waktu berpuasa hingga datangnya waktu berbuka.

4. Membuat Rencana Pekerjaan.

Untuk membantu fokus dalam bekerja, buatlah list pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu. Dengan membuat rencana yang terstruktur maka akan lebih mudah konsentrasi dalam bekerja.

5. Beristirahat sejenak di sela-sela Pekerjaan

Menyisihkan waktu selama 15 menit di sela-sela kegiatan untuk mengembalikan tenaga dan semangat perlu dilakukan. Kamu bisa melakukan beberapa cara, seperti mendengarkan lagu, membaca Al quran, melakukan peregangan ringan, atau keluar ruangan untuk menghirup udara segar.

Semoga lima tips atau kiat-kiat menjaga konsentrasi saat berpuasa di bulan Ramadhan nanti dapat meningkatkan kualitas puasa kita dari segi keberkahan dan produktivitasnya. 

Yayasan BSMU juga melakukan program campaign dan penyaluran yaitu paket berbuka dan sahur, sembako saat lebaran dan zakat fitrah dan fidyah. Untuk program campaign dan layanan fundraising selama Ramadhan yaitu diantaranya infak paket berbuka dan sahur dan infaq paket sembako lebaran.

Untuk infaq/sedekah berbuka dan sahur ini dilakukan pada saat pembagian takjil dan iftar serta makan sahur dengan nilai donasi sebesar Rp50 ribu. Sedangkan untuk infaq paket sembako lebaran ini nilai donasinya sebesar Rp250 ribu.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari