Facebook

5 Alasan Mengapa Sedekah Sebaiknya Diam-Diam Menurut Imam Al Ghazali

Sedekah adalah sebuah amal yang memiliki banyak manfaat. Sedekah/infaq walau sedikit akan berdampak besar jika dilakukan secara bersama-sama. Infak/sedekah bersama-sama melalui Lembaga mampu lebih menjaga kerahasiaan dari sedekah/infaq yang ditunaikan.

Ada berbagai manfaat yang akan diperoleh dari sedekah terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi atau sir.

Menyembunyikan dan menutup-nutupi sedekah diumpamakan tangan kirinya seolah-olah tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya. Keutamaan sedekah secara sembunyi-sembunyi jauh melebihi sedekah yang diberikan secara terang-terangan di depan orang umum dan hal tersebut mampu untuk membantu menyempurnakan kebaikan dengan kebaikan yang lain. Firman Allah dalam surah Al Baqarah ayat 271:

Artinya: “Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Jika memberikan sesuatu kepada orang yang membutuhkan secara sembunyi-sembunyi, maka itu adalah lebih utama dibandingkan dengan terang-terangan. Menampakkan sedekah diperbolehkan selama dengan tujuan supaya dicontoh orang lain. Sedangkan menyembunyikan sedekah itu lebih baik dari menampakkannya, jika menampakkannya itu dapat menimbulkan riya pada diri si pemberi dan dapat pula menyakitkan hati orang yang diberi.

Imam Al Ghazali dalam Ihya Ulumuddin yang menjelaskan keuntungan bagi orang yang melakukan sedekah secara sembunyi-sembunyi. Ada lima potensi besar orang bersedekah bisa meraih keuntungan pahala yang banyak.

Pertama, melindungi kehormatan penerima sedekah. Sebab, sebagian orang enggan meminta-minta padahal dirinya sangat membutuhkan, ini dikarenakan dirinya menjaga kehormatan dirinya (at-Ta’affuf).

Kedua, menjaga hati dan lisan manusia serta mengantisipasi munculnya iri dengki (hasad) dari mereka. Baik itu terkait dengan pemberi sedekah maupun penerimanya. Abu Ayyub as-Sakhtiyani berkata, “Tidaklah aku menanggalkan pakaian baruku, kecuali disebabkan aku takut omongan orang-orang dekatku karena hasad”.

Ketiga, menolong pemberi sedekah untuk menjaga kerahasiaan amalnya. Sebab, memberi secara sembunyi-sembunyi pada dasarnya lebih utama dari memberi terang-terangan. Sehingga sebagian ulama itu enggan menerima sedekah dari orang secara terang-terangan, namun menerimanya bila dilakukan sembunyi-sembunyi. Alasannya, menjaga kerahasiaan amal baik merupakan bagian dari adab Islami. Imam at-Tsauri berkata, “Seandainya aku tahu salah seorang dari kalian tidak menampakkan dan membicarakan sedekahnya, maka akan aku terima sedekahnya”.

Keempat, menjaga agar tidak jatuh pada kehinaan. Karena sedekah terang-terangan memungkinkan pemberi sedekah secara tidak sadar membuat hina orang yang menerima nya. Atau menghinakan dirinya sendiri, karena muncul sifat ingin dipuji (riya’) dan didengar (sum’ah). Sehingga tidak pantas bagi muslim membuat hina orang lain maupun dirinya sendiri.

Kelima, meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjerumus pada kesyirikan. Artinya, membuat amal sedekah tidak murni karena Allah swt. Sebab, izhar sedekah menimbulkan potensi-potensi di masukin unsur-unsur lain selain ridha Allah swt, seperti riya’, sum’ah, sombong dan lainnya.

Banyaknya keutamaan yang tersebut diatas akan dapat terlaksana dengan bersedekah melalui Lembaga amil zakat yang sudah terpercaya diantaranya Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat melalui berbagai program yang dimiliki mampu memaksimalkan sedekah/infaq yang diberikan. Dalam melakukan sedekah tidak harus melaksanakan dengan besar, namun dengan jumlah yang kecil dan dilakukan secara rutin kemudian ditunaikan melalui Lembaga akan memiliki dampak yang luar biasa.

Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat pada tahun ini  mempunyai campaign Go Happy. Dalam campaign ini masyarakat bisa membantu donasi untuk masyarakat yang sedekah mengalami kesulitan. Cukup dengan lima ribu rupiah sudah dapat memberikan dampak yang besar dalam menyelesaikan permasalahan hidup para mustahik. Donasi bisa dilakukan melalui https://www.bsmu.or.id/gohappy/.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari