Facebook

Potensi Peningkatan Halal Lifestyle dan Education di Era Revolusi Industri 4.0

Saat ini hampir semua sektor industri tak lepas dari efek digitalisasi. Proses digitalisasi bertujuan untuk mendapatkan efisiensi dan optimalisasi. Adanya digitalisasi ini tak terlepas dari efek Revolusi Industri 4.0 dimana penggunaan teknologi, komunikasi, dan informasi semakin maju dan terus berkembang.

 

Digitalisasi sampai saat ini terus mengalami kemajuan yang terbilang cukup pesat. Digitalisasi ini sangat membantu kemudahan masyarakat dengan salah satunya menciptakan perubahan. Tanda yang jelas dari masuknya proses digitalisasi adalah adanya peningkatan akan pemanfaatan dari teknologi berbasis digital untuk digunakan hampir pada setiap aspek kehidupan agar masyarakat bisa dengan mudah dan cepat untuk mendapatkan informasi lewat akses internet.

 

Disaat pandemi COVID-19 ini digitalisasi harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk sector halal lifestyle dan pendidikan. Dikarenakan, melakukan digitalisasi dinilai memberikan berbagai manfaat sector ini.

 

Pada sektor pendidikan juga merasakan dampak positif dari adanya digitalisasi. Dengan adanya internet pelajar menjadi lebih mudah mengakses informasi tambahan yang terkait dengan pelajaran maupun hanya untuk menambah wawasan.

 

Transformasi digital merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan industri halal di Indonesia. Langkah digitalisasi di industri halal ini bertujuan mendeskripsikan pandangan dari beberapa pihak berkepentingan bagaimana produk (halal) agar terus bertumbuh terutama di era digitalisasi selain dukungan agar masyarakat mencintai produk (halal).

 

Selain itu digitalisasi juga berperan meningkatkan penjualan produk industri halal, mempercepat mekanisme audit online dalam pengajuan sertifikasi halal, mendorong peningkatan keuangan sosial syariah terutama dalam hal pembayaran ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf) secara online oleh masyarakat.

 

Pada akhirnya perkembangan digitalisasi pada ekonomi dan keuangan syariah, khususnya pada transaksi produk halal dapat membantu pemulihan ekonomi negara-negara di dunia. Pengembangan digitalisasi, berpotensi menyasar transaksi produk halal yang cukup besar di Indonesia, misalnya perdagangan makanan dan minuman halal, fesyen, dan lainnya.

 

Dalam acara Bincang Bintang BSI Scholarship yang dilaksanakan pada 25 Februari 2022 tercatat terangkum bahwa, potensi teknologi untuk pengembangan halal lifestyle dan pendidikan ini cukup besar. Potensi ini didukung oleh adanya generasi muda baik generasi millennial dan gen Z yang saat ini bisa dibilang merupakan digital savvy.

 

Head of LIKES & Education Group, Innovation & Empowerment Directorate Yayasan BSMU, Aprilia Eviyanti menyampaikan kehadiran teknologi penting untuk menciptakan peningkatan industri halal lifestyle dan pendidikan. “Teknologi di masa pandemic COVID 19 memberikan dampak yang sangat positif dimana saat ini kita dipaksa untuk beradaptasi dalam kebiasaan baru,” kata bu Lia sapaan akrabnya.

 

Teknologi merupakan solusi untuk pemerataan industry halal lifestyle dan pendidikan. Hal ini karena saat ini kualitas pendidikan di Indonesia belum merata.

 

Direktur Eksekutif Forum Indonesia Muda, Mandira Bienna Elmir menyampaikan bentuk inovasi teknologi adalah sebuah kemudahan untuk mendapatkan informasi salah satunya terkait halal lifestyle dan pendidikan. “Dengan adanya teknologi orang akan lebih mudah untuk melakukan brainstorming lebih banyak dengan banyak orang,” kata Dira sapaan akrabnya. 

 

Chief Product Officer Alami Group, Fitoy Wicaksana menutup bahwa digitalisasi merupakan sarana untuk menjangkau lebih banyak orang menuju kehidupan yang lebih baik salah satunya melalui halal lifestyle dan di bidang pendidikan.

 

Mengutip State of the Global Islamic Economy Report yang tahun 2020/2021 potensi pertumbuhan dari halal product dan lifestyle masih cukup tinggi. Proyeksi tingkat konsumsi muslim secara global sampai 2024 masih akan mengalami kenaikan 3,1% atau mencapai US$2,4 triliun.

 

Yayasan BSMU mempunyai campaign Go Happy dengan 5 ribu masyarakat bisa ikut berdonasi untuk pengembangan pendidikan melalui zakat orang tua asuh yang digunakan untuk biaya pendidikan bagi siswa-siswi dari keluarga kurang mampu melalui https://www.bsmu.or.id/gohappy/.

 

 

 

 

 

 

 

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari