Facebook

Manfaatkan Hari Jum’at di Bulan Sya’ban Dengan Beramal

Saat ini kita berada pada hari Jum’at pertama di bulan Sya’ban 1443 Hijriyah, yang berarti sekitar sebulan hari lagi akan bertemu dengan bulan Ramadhan. Awal bulan Sya’ban tahun 2022 atau 1443 Hijriah jatuh pada tanggal 4 Maret sesuai dengan Kalender Islam Gloobal yang dilansir dari halaman tarjih.or.id. Persiapan apa saja yang telah dilakukan agar dapat optimal menjalankannya?

Dahulu para sahabat nabi Muhammad mempersiapkan pertemuan dengan bulan Ramadhan sejak beberapa bulan sebelumnya dan persiapan semakin meningkat pada bulan Sya’ban. Persiapan yang dilakukan tidak hanya Kesehatan tetapi juga melatih untuk banyak beribadah dan yang tidak kalah penting adalah persiapan harta untuk dapat banyak berinfak dan bersedekah di bulan Ramadhan.

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat memiliki banyak program untuk menambah keberkahan pada bulan Ramadhan yang bisa diikuti oleh masyarakat. Jangan sampai terlewat sehari pun bersedekah pada bulan Ramadhan sehingga persiapan harta menjadi sangat penting. Layaknya seperti pebisnis yang mempersiapkan hartanya untuk investasi karena keuntungan yang sudah terjamin oleh Allah SWT.

Moment Jum’at pertama bulan Syaban tahun ini sangat disayangkan jika dibiarkan berlalu begitu saja. Apalagi Jum’at merupakan hari yang memiliki keutamaan daripada hari-hari yang lain.

Sebuah riwayat dari Imam Muslim, sahabat Abu Hurairah yang mendengar bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim)

Hari Jum’at adalah hari khusus yang diperuntukkan untuk umat Islam dapat dilihat dari hadits yang disampaikan Abu Hurairah dan Hudzaifah. Nabi Muhammad bersabda:

“Allah menyimpangkan kaum sebelum kita dari hari Jum’at. Maka untuk kaum Yahudi adalah hari Sabtu, sedangkan untuk orang-orang Nasrani adalah hari Ahad, lalu Allah membawa kita dan menunjukan kita kepada hari Jum’at.’” (HR Muslim Imam Muslim dalam Shahihnya (II/286) kitab al-Jum’ah).

Pada hari Jumat juga ada waktu yang  mustajab untuk memanjatkan doa.

“Pada hari jumat ada 12 jam. Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah Ashar.” (HR. Abu Dawud)

Keistimewaan ini menjadi berlipat ganda dengan keutamaan bulan Sya’ban. Pada bulan Sya’ban adalah waktu dimana amal manusia dilaporkan kepada Allah SWT, sehingga menjadi sebuah hal yang utama ketika pada saat itu sedang melakukan amal sholeh.

Rasulullah SAW bersabda:

“Bulan Sya’ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadhan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa”. (HR Abu Dawud dan Nasa’i)

 

Memanfaatkan moment terbaik di hari Jum’at bulan Sya’ban bisa menjadi washilah membawa kepada kehidupan yang lebih diberkahi Allah sesuai dengan tuntunan Rasulullah saw.

Salah satu cara untuk berlatih beramal yaitu dengan cara melakukan amal sedikit tetapi continue. Melalui melalui campaign GoHappy ini masyarakat bisa membantu donasi untuk masyarakat terdampak bencana di Indonesia melalui zakat untuk orang tua asuh. Donasi bisa dilakukan melalui https://www.bsmu.or.id/gohappy/.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari