Facebook

Amalan Sunnah dan Peristiwa Penting di Bulan Jumadil Akhir

Jumadil akhir adalah bulan keenam hijriah. Bulan ini merupakan tanda akan memasuki bulan Ramadhan. Jaraknya hanya berbeda dua bulan saja, yaitu bulan Rajab dan Sya’ban kemudian bulan Ramadhan.

Jumadil Awal dan Akhir diambil dari kata “jamad” yang berarti “beku”, karena penamaan bulan tersebut bertepatan dengan saat musim dingin di mana air membeku. Ada juga yang mengartikan Jumadil Akhir berarti musim kemarau yang penghabisan. Jumadil Akhir sering juga disebut bulan Jumadil Tsaniyah. Bulan ini terdiri dari 29 hari.

Ada beberapa peristiwa penting yang terjadi pada bulan Jumadil Akhir, diantaranya adalah:

  1. Lahir Putri tercinta Rasulullah yaitu Fatimah Azzahra

”Fatimah Az Zahra” adalah putri Rasulullah Saw, beliau merupakan perempuan pilihan yang menjadi penghulu para wanita, ibunya adalah Khadijah binti Khuwailid, seorang perempuan yang sangat dihormati dan dimuliakan.

Fatimah zahra adalah putri bungsu Nabi Muhammad Saw, Ibunya adalah Khadijah binti Khuwailid, Fatimah lahir pada tanggal 20 Jumadil Akhir pada tahun kelima sebelum kenabian, Kelahiran Fatimah bertepatan dengan pembangunan Ka’bah yang rusak., fatimah mempunyai tiga kakak perempuan, yaitu Zainab, Ruqayah, dan Ummu Kalsum, dan memiliki dua kakak laki-laki, Qasim dan Abdullah. Keduanya meninggal sejak usianya masih kecil.

Nama Fatimah diberikan langsung dari Allah Swt melalui malaikat Jibril. Fatimah 5 memiliki banyak Gelar, diantaranya, adalah Az Zahra, Siddiqah, Thahira, Mubarakah, Radhiyah, Mardhiyah, Muhadatsah, dan Zakiyyah.

2. Wafatnya Abu Bakar Ash Shiddiq sekaligus diangkatnya umar menjadi Khalifah

Sepeninggal Rasulullah SAW, umat Islam kembali merasakan kesedihan dan kehilangan karena sahabat yang merupakan penerus perjuangan Rasulullah SAW, yakni Abu Bakar as-Shiddiq RA, dipanggil ke sisi Allah SWT.

Abu Bakar yang memiliki nama asli Abdullah bin Abu Quhafah ini merupakan salah satu orang yang pertama memeluk Islam. Gelar Ash-Shiddiq (yang berkata benar) disematkan Rasulullah SAW kepadanya, karena dia yang pertama membenarkan peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.

Khulafaur Rasyidin yang pertama ini wafat di Madinah Bakar as-Shiddiq wafat pada tanggal 8 bulan Jumadil Akhir tahun ke-13 Hijriyah, dan adapula yang menyebutkan beliau wafat pada 21 Jumadil Akhir 13 H

3. Terjadinya Perang Yarmuk

Pertempuran Yarmuk adalah perang antara Muslim Arab dan Kekaisaran Romawi Timur pada bulan Jumadil Akhir tahun 636.

Pasukan muslimin yang dikerahkan hanya berjumlah 45.000 orang. Sedangkan, pasukan Romawi berkekuatan 240.000 orang. Timpangnya jumlah pasukan tidak membuat pasukan kaum muslimin menyerah begitu saja.

Dalam perang ini banyak para tentara berjatuhan, ada sekitar 3000 lebih pasukan muslim mati syahid pada saat itu. Namun korban dari tentara Romawi Timur juga tidak kalah banyak, justru malah mereka yang lebih banyak memakan korban.

Pada perang ini, pasukan Islam dipimpin oleh seorang panglima yang sangat handal yaitu Khalid bin Walid. Beliau tidak pernah kalah dalam semua peperangan yang ia pimpin hingga beliau bergelar “saifullah”

Dinamakan Perang Yarmuk, karena peperangan antara Islam dan Kristen ini berlangsung di lokasi tidak jauh dari lembah Yordania yakni Sungai Yarmouk. Sungai itu menjadi pusat perairan yang ditumbuhi tanaman, yang mengalir dari dataran tinggi Hawran ke lembah Yordania, tepat di selatan Laut Galilee.

Pada bulan Jumadil Akhir umat islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan sunnah dalam rangka menyambut kedatangan bulan mulia Ramadhan. Salah satu yang dianjurkan adalah dengan memperbanyak amalan sunnah seperti sholat malam, sedekah dan lain sebagainya.

Bagi umat muslim yang masih memiliki hutang puasa masih ada waktu untuk membayarnya, jangan sampai menunda lagi dan tidak sadar Ramadhan sudah didepan mata.

Sedekah kini lebih mudah melalui sedekah online di bsmu.or.id dan jadiberkah.id.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari