Facebook

Berikut Manfaat Membaca Al Quran yang Dilakukan Secara Rutin

Al Qur’an diturunkan untuk menyempurnakan kitab-kitab nabi terdahulu. Sebagai pedoman untuk menjalankan kehidupan didunia yang penuh dengan tantangan. Orang yang memiliki kedekatan dengan Al Quran akan diberikan anugerah yang lebih daripada orang yang jauh dengan Alqur’an.

Keajaiban Al Qur’an tidak hanya diakui oleh umat islam juga tetapi dibenarkan oleh ilmuwan barat. Para peneliti telah menunjukkan hasil riset tentang keunggulan membaca Al Qur’an. Al Qadhi, dokter syaraf di klinik induk Florida, menjelaskan bahwa mendengarkan al-Qur’an menambah kecerdasan bagi otak manusia, menurunkan depresi dan mendapat ketenangan jiwa.

Sementara hasil riset yang dilakukan oleh peneliti di Amerika Utara (1984) dan Universitas Boston mengungkapkan bahwa 97% pendengar khusyu’ dan rutin membaca Al Qur’an akan mendapatkan ketenangan jiwa. Diperkuat pula oleh peneliti muslim melalui seminar psikoterapi dan konseling Islam di Malaysia, berdasarkan rangkain hasil observasinya pada bayi yang berusia 48 jam dengan diperdengarkan al-quran menunjukkan respon yang luar biasa yakni membuat bayi tersenyum dan lebih tenang.

Beberapa manfaat lain yang akan didapatkan ketika rutin membaca Al Qur’an adalah sebagai berikut

  1. Dapat mengobati penyakit Fisik dan Hati

Allah telah berfirman “Dan Kami turunkan di dalam Al-Qur’an yang menjadi obat (penyakit manusia) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (Qs. Al Isra:82)

Membancanya dan mendengarkannya menjadi terapi yang dapat menyehatkan jiwa dan raga, sehingga sayang apabila sehari tanpa membacanya.

  1. Dijauhkan dari kesesatan

Dengan membaca al qur’an dijauhkan dari kesesatan dan godaan setan yang terkutuk. Karena didalam al quran terdapat surah yang mengandung permohonan dalam hal tersebut.

“Maka jika datang kepadamu petunjuk daripada-Ku (wahai manusia), lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, niscaya dia tidak akan tersesat dan tidak akan celaka (Qs. Thaahaa : 123).

  1. Membuat rumah menjadi bercahaya

Rumah seorang muslim sudah selayaknya dibacakan al-Qur’an didalamnya untuk mengagungkan kebesaran Allah dan hal ini juga dianjurkan oleh Rasulullah.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Perumpamaan rumah yang disebut nama Allah di dalamnya dan rumah yang tidak disebut nama Allah di dalamnya adalah seperti perumpamaan orang hidup dan orang yang mati”.

  1. Dilindungi dari gangguan setan

Selain membuat rumah bercahaya, juga dapat membuat rumah dilindungi dari jin dan setan. Disebutkan dalam surah al Fathir ayat 6 Allah subhanahu wa ta’ala berfirman, “Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala”.

  1. Memberikan Syafaat pada hari akhirat kelak

Kebaikan yang sangat dicari adalah ketika tidak ada yang mampu memberi syafaat di akhirat, tetapi AlQur’an akan memberikan syafaat kepada orang yang membacanya karena Allah. Bagaimana bunyi hadits, “Bacalah bait Al Qur’an karena sesungguhnya pada hari kiamat nanti akan dating memberikan syafaat yang baik kepada pembacanya.” (HR. Muslim)

  1. Mengatasi kepikunan

Membaca Al Quran secara rutin terbukti dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi kerja otak karena spiritual al Qur’an merupakan kumpulan wahyu yang sempurna. Energi positif dari ayat-ayat Allah SWT ini dapat menjadi nutrisi otak yang berharga dari sebuah obat.

  1. Memperoleh kemuliaan

Kemuliaan yang akan didapat tidak hanya di akhirat tetapi juga sampai akhirat kelak.

“Siapa yang membaca Al Qur’an dan beramal dengan isi kandungannya, dianugerahkan kedua ibu bapaknya mahkota di hari kiamat. Cahayanya (mahkota) lebih baik dari cahaya matahari di rumah-rumah dunia. Kalaulah demikian itu matahari berada di rumahmu (dipenuhi dengan sinarnya), maka apa sangkaan kamu terhadap yang beramal ini (Al-Qur’an)’. (HR. Abu Daud).

 

Untuk semakin terus menebarkan keberkahan Al Qur’an, Yayasan Bangun Sejahtera memiliki program wakaf Al Qur’an yang berbentuk quran terjemah maupun yang tidak. Pendistribusian Al Qur’an dilakukan ke seluruh Indonesia.

Dukung terus menebar kebaikan Al Qur’an melalui program kebaikan. Donasi bisa diberikan melalui bsmu.or.id dan jadiberkah.id.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari