Facebook

Simak Program Penyaluran dan Pengelolaan Wakaf BSMU Selama 2021

Wakaf merupakan salah satu instrumen ekonomi umat islam. Keberadaan wakaf mampu menjadi pondasi peradaban islam yang masih tampak kemegahannya hingga saat ini. Selain wakaf sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah juga mampu memperluas kemaslahatan benda wakaf. Karena wakaf manfaatnya dapat dirasakan oleh siapa saja.

Contoh wakaf sumur yang dilakukan oleh Utsman bin Affan radiallahu anhu, walaupun beliau sudah lama wafat, namun pahala masih terus mengalir hingga saat ini. Hal ini karena sumur tersebut masih aktif dipergunakan oleh orang-orang disekitar kota Madinah. Penerima manfaatnya pun tidak terbatas, semua yang membutuhkannya dapat mengambil manfaat dari sumur tersebut.

Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (YBSMU) melalui Wakaf BSM Umat yang telah disahkan menjadi Lembaga Nazhir Wakaf No. 3.3.00201-2019. Menjadi salah satu untuk memperluas kemaslahatan, menjadikan sedekah yang ditunaikan menjadi amal jariyah yang manfaatnya tetap bisa dirasakan terus menerus.

Pada tahun 2021 ada beberapa program penyaluran dan pengelolaan Wakaf BSMU yang telah dilaksanakan diantaranya :

Pertama, Wakaf Produktif Melalui Bisnis Kopi

Berkolaborasi dengan Java Halu Coffee Bandung, Jawa Barat untuk memaksimalkan potensi petani kopi dari mulai panen sampai dengan memperluas jaringan pemasaran. Pengelolaan dana wakaf berjumlah Rp 155.900.000. Melalui Wakaf BSMU dapat meningkatkan produktivitas petani meningkat, hasil panen lebih bagus sehingga penghasilan bisa lebih dari sebelumnya.

Kedua, Wakaf Al Quran

Total Al-Qur’an yang telah terdistribusikan sebanyak 1.300 mushaf (baik yang dengan terjamah maupun tidak). Wilayah distribusinya meliputi 8 Unit Representative Office (URO) yaitu Medan, Palembang, Lampung, Bandung, Semarang, Surabaya, Balik Papan, dan Makassar.

Ketiga, Wakaf Rumah Tahfidz dan Rumah Belajar Qur’an Bina Santri Indonesia

Pada tahun 2021 telah berdiri di tiga wilayah yaitu Rumah Tahfidz Qur’an BSI Cimahi, Jawa Barat, Rumah Belajar Qur’an BSI Tangerang Banten, dan Rumah Tahfidz Qur’an BSI Magetan, Jawa Timur. Semua  bangunan yang dipergunakan merupakan wakaf dari wakif yang mempercayakan pengelolaannya pada Wakad BSMU.

Keempat, Cash Waqf Linked Sukuk Seri SWR001

Disalurkan melalui program bantuan indukan sapi , Trenggalek, Jawa Timur, Bantuan Beasiswa dan Bantuan Alat Bantu Dengar Tambora DKI Jakarta, Pengakaran Benih Padi Desa BSI Lampung, Kegiatan Sosial Muqayyadah Kemenkeu, DKI Jakarta. Total dana tersalurkan mencapai 435.138.681.

Jazakumullah khairan katsiran kepada para wakif dan stakeholder atas wakaf dan dukungannya. Semoga kita bisa terus meluaskan manfaat melalui program Wakaf BSMU.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari