Facebook

Berikut yang Seharusnya Dilakukan Jika Terjadi Gempa

Masyarakat kota Jakarta, Bogor, Bandung pada Jumat, 14 Januari 2022 pukul 16.05 WIB merasakan getaran gempa berskala 6.6 skala Richter. Gempa ini berasal dari Banten dengan kedalaman 10 km (sumber BMKG). Gempa  yang terjadi tidak terlalu lama ini menimbulkan kepanikan di masyarakat. 

Indonesia mempunyai potensi bencana gempa yang cukup tinggi. Hal ini karena karena berada di simpang pertemuan tiga lempeng aktif, yaitu Indo-Australia di selatan, Eurasia di utara dan Pasifik di timur menghasilkan lebih dari 70 sesar aktif dan belasan zona subduksi. Ketika merasakan gempa apa yang seharusnya kita lakukan? 

  1. Jika Anda berada di dalam bangunan

Lindungi badan dan kepala Anda dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja dll; Cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan; Lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

  1. Jika berada di luar bangunan atau area terbuka.

Menghindari dari bangunan yang ada di sekitar Anda seperti gedung, tiang listrik, pohon, dll.

Perhatikan tempat Anda berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

  1. Jika Anda sedang mengendarai mobil

Keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran; Lakukan point B.

  1. Jika Anda tinggal atau berada di pantai

Jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

  1. Jika Anda tinggal di daerah pegunungan

Apabila terjadi gempa bumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Selain itu untuk bisa melindungi diri kita dianjurkan untuk memperbanyak berdzikir dan meminta pertolongan kepada Allah. Adapun doa yang bisa adalah

Doa saat gempa terjadi atau sesudahnya

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا، وَخَيْرَ ماَ فِيْهَا، وَخَيْرَ ماَ أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّ مَا فِيْهَا، وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ.

Arab Latin : ALLAAHUMMA INNII AS-ALUKA KHAIRAHAA WA KHAIRA MAA FIIHAA WA KHAIRA MAA URSILAT BIHI WA A’UUDZU BIKA MIN SYARRIHAA WA SYARRI MAA FIIHAA WA SYARRI MAA URSILAT BIHI.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikannya, kebaikan apa yang terdapat padanya, kebaikan apa yang dibawanya dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya, keburukan yang ada padanya dan keburukan yang dibawanya.” (HR. Muslim No. 1496)

Doa ini tidak hanya dibaca ketika terjadi gempa tetapi juga setelah terjadi gempa. Doa bisa membuat hati menjadi tenang sehingga tindakan yang dilakukan bisa dengan pikiran jernih. Saling membantu dalam kondisi membutuhkan sangat disukai oleh Allah.

Kebiasaan merutinkan sedekah bisa merupakan sebuah cara untuk menghalau dari kejadian yang buruk (bala bencana). Sehingga sangat disayangkan jika dalam sehari tidak melakukan sedekah apapun. Saat ini sedekah sangat mudah karena dapat dilakukan secara online dapat melalui aplikasi bsmu.or.id atau jadiberkah.id.

 

 

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari