Facebook

Pandemi Masih Ada, Berikut Tips Aman Berwisata Di Akhir Tahun

Akhir tahun merupakan waktu yang pas untuk bepergian. Hal ini untuk melepas kepenatan hiruk pikuk kota metropolitan dan untuk mendapatkan tempat yang nyaman beristirahat.

Saat ini seperti diketahui, pemerintah memberlakukan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM level 3 di seluruh wilayah Indonesia selama libur Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Bagi masyarakat yang ingin berlibur di akhir tahun harus mempertimbangkan beberapa hal untuk tetap aman di masa pandemi. Jangan sampai senang sesaat tetapi menyesal kemudian karena tidak mengindahkan protokol Kesehatan. Hal ini bukan hanya untuk melindungi diri sendiri tetapi juga orang-orang tersayang yang ada disekitarmu.

Beberapa tips berwisata aman saat pandemi, yaitu:

1. Lakukan pemeriksaan Kesehatan terlebih dahulu

Pastikan tubuh sehat ketika ingin berlibur karena dengan tubuh yang kurang fit akan mudah terserang penyakit. Bagi yang memutuskan untuk berwisata yang cukup jauh, dengan mode transportasi umum perlu melakukan rapid test sebelum berangkat dan ketika pulang. Tes menggunakan PCR akan menghasilkan data yang lebih akurat.

2. Survei tempat tujuan lokasi wisata

Jika ingin bepergian ke luar kota, ada baiknya untuk mencari tahu terlebih dahulu kondisi kota yang akan dituju. Mencari tahu zona kota tujuan maupun peningkatan kasus di daerah tersebut.

3. Jaga Jarak Aman dari keramaian

Tempat wisata identik dengan keramaian karena virus corona menyebar dengan mudah di kerumunan dan ruangan tertutup. Atur minimal jarak dua meter antara kamu dan orang lain yang tidak serumah. Hal ini untuk menghindari kontak dengan orang yang sakit atau terpapar virus.

4. Pilih aktivitas yang aman

Setibanya di tempat wisata, saat memasuki dan meninggalkan tempat wisata pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan bersih setidaknya selama 20 detik menggunakan air sabun dan hand sanitizer. Tetap terapkan 5M; Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi kerumunan, Mencuci Tangan dan Membatasi mobilitas.

5. Membawa Masker dan Handsanitizer

Berada dimanapun jangan lupa untuk menggunakan masker, membawa masker adalah langkah yang bijak untuk menjaga diri. Walaupun tepat tersebut hanya seorang diri, menggunakan masker ditempat umum tetap dianjurkan. Tidak semua tempat menyediakan alat cuci tangan atau hand sanitizer, sebagai upaya mencegah penularan virus Covid-19.

6. Bawa peralatan pribadi

Jangan lupa untuk membawa peralatan pribadi, seperti handuk, sikat gigi, tempat minum, dan alat makan. Hal ini adalah untuk mencegah kemungkinan penularan virus Corona dari barang-barang. Pemakaian barang pribadi secara Bersama-sama dapat meningkatkan angka penularan.

Untuk tetap menjaga liburan sesuai dengan harapan sebelum berjalan sangat dianjurkan untuk berdoa agar diberi keselamatan. Selain itu dianjurkan untuk bersedekah, karena sedekah yang diberikan dapat mencegah dari bala dan bencana.

Yayasan BSMU mengajak untuk memberikan kemaslahatan kepada yang membutuhkan. Program 10 ribu untuk sejuta kebaikan adalah cara yang mudah dan tidak memberatkan dalam bersedekah. Bermodal uang sepuluh ribu rupiah dapat memberikan sejuta kebaikan.

Donasi dapat dilakukan secara online melalui jadiberkah.id dan bsmu.or.id/sejutakebaikan

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari