Facebook

Tips Cara Mengajarkan Anak Rajin Bersedekah

Anak merupakan penerus garis keturunan keluarga, tabungan masa depan. Memiliki anak yang baik merupakan keberuntungan dan keberkahan bagi keluarga. Keberkahan tidak hanya dirasakan semasa hidup didunia namun jika sampai ke alam akhirat, melalui doa-doa dan perbuatan baik yang dilakukan sang anak menjadi amal jariyah bagi orangtua.

Anak tidak hanya untuk dibanggakan tetapi setiap orangtua yang memilikinya wajib memberikan pendidikan yang baik kepada anak. Bagi umat islam merupakan hal yang wajib dalam hal pendidikan agama terutama rukun iman dan rukun islam. Dengan memperkenalkan hal-hal pokok yang telah tertanam sejak awal akan memudahkan untuk mengarahkan anak untuk mengamalkan nilai-nilai Syariat islam yang lainnya.

Menanamkan nilai-nilai baik kepada anak sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Semakin dini pendidikan akhlak yang diberikan akan semakin mudah dalam menjadikannya sebuah karakter yang melekat. Pepatah mengatakan, mengajarkan anak seperti mengukir di atas batu dan mengajarkan orang yang sudah tua seperti mengukir di atas air.

Salah satu akhlak baik yang harus ditumbuhkan dalam diri anak adalah kebiasaan untuk berbagi dan membantu kesulitan orang lain dengan bersedekah. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan anak terhadap sedekah.

  1. Berikanlah contoh

Anak adalah sosok yang sangat memperhatikan figure di sekelilingnya. Ia juga sering sekali meniru apa pun yang dilakukan orang yang lebih dewasa. Disinilah sang anak sebetulnya sedang mencari jati diri. Sebagai orangtua dianjurkan untuk mencontohkan hal-hal baik dihadapan sang anak, contohnya ketika pergi ke masjid dan di sana ada kotak amal untuk mencotohkan bersedekah sang ayah tidak boleh lupa bersedekah. Semakin sering anak melihat orangtuanya bersedekah akan timbul rasa ingin bersedekah. Contoh yang dilakukan secara rutin akan semakin tertanam dalam pikiran daripada yang hanya sesekali dikerjakan saja.

  1. Berikanlah alasan harus rajin bersedekah

Ada sebagaian anak yang setelah melihat orangtua sering bersedekah akan bertanya kepada orangtuanya tentang alasan bersedekah. Ini adalah waktu yang tepat untuk menjelaskan arti penting dalam kegiatan bersedekah, di sini pula dapat ditanamkan nilai-nilai akidah dalam setiap perbuatan baik. Namun, apabila sang anak tidak bertanya bukan berarti tidak perlu menjelaskan. Karena menjelaskan mengenai sesuatu akan semakin memantapkan pikiran mengenai perbuatan yang sedang diajarkan.

  1. Mengajarkan hidup sederhana

Selain dua hal tersebut di atas, anak juga harus diajarkan hidup sederhana. Bukan berarti sederhana itu tidak boleh memiliki harta yang banyak tetapi sederhana itu adalah tidak berlaku berlebih-lebihan terhadap rezeki yang Allah berikan. Hal ini memiliki dapat yang baik agar tidak terjadi kesenjangan sosial pada masyarakat. Tindakan berlebih-lebihan juga mendekatkan kepada kemubadziran dan kemubadziran mendekatkan diri kepada sifat setan.

Cara tersebut harus dilakukan secara istiqomah dan sabar menjalani prosesnya. Akan ada halangan dan rintangan dalam menjalaninya tetapi yakinlah kebaikan akan menanti jika kita lulus dari semua ujian.

Anda bisa mulai mengajarkan untuk bersedekah dengan peduli kepada orang lain dengan mengajarkan memberi infak kepada saudara-saudara yang sedang tertimpa bencana banjir di Sintang, Garut, Makassar dan juga bencana erupsi Gunung Semeru. Bantuan dapat disalurkan melalui Lembaga sosial agar bantuan dapat diberikan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan di daerah bencana.

Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) dalam rangka program 10 ribu untuk sejuta kebaikan berusaha untuk menebarkan kemaslahatan yang semakin luas. Walaupun hanya 10 ribu karena dilakukan Bersama-sama maka dampak yang dirasakan akan semakin besar pula. Salah satu programnya adalah Infak kebencanaan yang dananya digunakan untuk membantu orang-orang yang sedang tertimpa musibah.

Menunaikan infak di BSMU semakin mudah melalui Scan QR, BSI Mobile, jadiberkah.id dan bsmu.or.id/sejutakebaikan. Kini bersedekah semakin mudah jadi siapapun bisa menolong orang yang sedang kesulitan.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari