Facebook

Arti Penting Relawan Untuk Kehidupan Manusia Yang Lebih Baik

Perserikatan Bangsa-bangsa menjadikan tanggal 5 Desember diperingati sebagai Hari Relawan International. Relawan memiliki peran yang sangat penting dalam dunia kemanusiaan, kontribusinya bahkan sudah tidak ternilai lagi. Baik secara individu maupun organisasi relawan Bersatu untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Kata relawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki arti yang sama dengan sukarelawan yang artinya orang yang melakukan sesuatu dengan sukarela (tidak ada paksaan). Dalam arti lain, relawan adalah seseorang yang bekerja atau melakukan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk membuat lingkungan yang lebih positif dengan mengorbankan waktu dan tenaga tanpa paksaan dan tanpa mendapatkan imbalan (bayaran atau upah).

Sejarah Penetapan Hari Relawan Internasional

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1971 mendirikan Relawan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Volunteers (UNV). Hingga saat ini PBB mengadvokasi peran relawan atau volunteerism dalam pembangunan, serta diikutsertakan dalam proyek kemanusiaan maupun penjaga perdamaian.

Hari Relawan Internasional atau International Volunteer Day diadopsi oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 17 Desember 1985 melalui resolusi A/RES/40/212. PBB mengundang pemerintah untuk merayakan 5 Desember sebagai Hari Relawan Internasional untuk pembangunan ekonomi dan sosial dan mendesak untuk mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kesadaran akan kontribusi penting dari pelayanan sukarela. Hal itu diharapkan dapat merangsang lebih banyak orang di semua lapisan masyarakat untuk menawarkan jasa mereka sebagai relawan. Semenjak saat itu dicanangkanlah tanggal 5 Desember sebagai Hari Relawan Internasional.

Potensi negara Indonesia yang berada dalam Kawasan rawan bencana menjadikan keberadaan relawan sangat dibutuhkan. Wilayah yang luas tidak akan mungkin dapat dijangkau oleh Lembaga/organisasi yang akan bergerak untuk menolong, dibutuhkan kolaborasi dan sinergi sehingga para korban cepat dapat ditangani.

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) memiliki salah satu divisi kebencanaan, yang bertugas untuk membantu masyarakat terdampak bencana untuk penanganan pasca bencana hal ini agar tidak semakin banyak korban yang berjatuhan.

Relawan tidak mampu berjalan sendiri tanpa dukungan dari masyarakat dan para donator, sehingga relawan dapat memberikan pertolongan yang tepat bagi warga yang terdampak bencana.

Laznas BSMU bekerjasama dengan para relawan membantu dengan sesegera mungkin jika terjadi sebuah bencana. Bencana dalam waktu dekat ini seperti banjir di Sintang Kalimantan Barat yang membutuhkan bantuan para relawan.

Beberapa Manfaat Menjadi Seorang Relawan

Menurut UNDP (United Nations Development Programme) tahun 2005, kerelawanan adalah sebuah bentuk perilaku sosial yang dilakukan atas dasar keinginan sendiri yang membawa manfaat bagi komunitas dan masyarakat secara keseluruhan, maupun bagi volunteer itu sendiri serta tidak didorong oleh alasan keuangan. Beberapa manfaat yang akan dirasakan ketika menjadi seorang relawan.

  • Memperluas Jaringan Pertemanan
  • Belajar Peka Terhadap Lingkungan dan Orang Sekitar
  • Meningkatkan Kepedulian dalam Membantu Sesama
  • Mendapatkan Pengalaman Di Bidang Sosial
  • Mengajarkan untuk Selalu Bersyukur
  • Mengajarkan Ikhlas dalam Melakukan Kebaikan

Laznas BSMU mempunyai program unggulan 10 ribu Untuk Sejuta Kebaikan. Dengan program unggulan ini, masyarakat dapat berdonasi dengan 10 ribu rupiah atau lebih untuk dapat ikut berperan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui aplikasi BSI Mobile, bsmu.or.id, dan jadiberkah.id.  

Sebagai penghimpun dana ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) serta donasi sosial lainnya, YBSMU mempunyai visi menjadi sebagai lembaga ZISWAF, dana sosial dan dana CSR yang terpercaya, terdepan dan modern. 

Dalam aktivitas pengelolaan dan penyaluran dana kepada asnaf mustahik, YBSMU mendasari programnya untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik (penerima manfaat), sehingga mustahik memiliki peluang dan mampu bersaing mengangkat kehidupan yang lebih baik lagi.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari