Facebook

Jalan Kaki, Olahraga yang Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Berjalan kaki merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh manusia. Meskipun demikian, banyaknya kendaraan di masa kini membuat kurangnya masyarakat melakukan aktivitas ini. Orang lebih nyaman menuju tempat tujuan dengan menggunakan kendaraan bermotor daripada bersepeda.

Kini banyak anjuran untuk kembali ke hidup sehat, salah satunya dengan mulai rutin berjalan kaki. Tahukah Anda? Jalan kaki selama 30-60 menit tiap hari bisa berdampak baik bagi tubuh dan pikiran. Manfaat jalan kaki akan benar-benar teras ajika merutinkannya.

Beberapa manfaat jalan kaki yang dilansir dari P2PTM Kemenkes RI sebagai berikut:

  • Rata-rata, jalan kaki setiap menit dapat memperpanjang hidup 1,5 sampai 2 menit
  • Jalan kaki lebih lama setiap hari selama 40 menit adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan
  • Jalan kaki cepat dari 20-25 menit akan memberikan kondisi yang baik bagi jantung dan paru-paru
  • Memperbaiki efektivitas jantung dan paru-paru, membakar lemak dalam tubuh
  • Meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar kalori lebih cepat
  • Membantu mengurangi stres
  • Memperlambat penuaan
  • Menurunkan tingkat kolesterol dalam darah
  • Membantu menurunkan tekanan darah
  • Membantu mengontrol dan mencegah diabetes
  • Memperkuat otot kaki, paha, dan tulang

Tidak hanya memiliki manfaat secara fisik, menurut penelitian berjalan kaki juga baik untuk Kesehatan mental diantaranya Menurunkan Risiko Depresi, Meningkatkan Kemampuan Kognitif, Mengeluarkan Endorphins, Melepaskan Protein di Otak, Menguatkan Hippocampus, Meningkatkan Kreatifitas, Memperlancar Aliran Darah Ke Otak.

Setelah kita mengusahakan yang terbaik untuk Kesehatan kita melalui aktivitas fisik, sudah selayaknya juga meminta perlindungan terhadap bala dan bencana yang bisa saja menimpa kapan saja. Apalagi di tengah pandemi saat ini, Kesehatan menjadi sangat mahal harganya.

YBSMU mempunyai program unggulan 10 ribu Untuk Sejuta Kebaikan. Dengan program unggulan ini, masyarakat dapat berdonasi dengan 10 ribu rupiah atau lebih untuk dapat ikut berperan dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui aplikasi BSI Mobile, bsmu.or.id, dan jadiberkah.id.  

Sebagai penghimpun dana ZIS (Zakat, Infaq, Shadaqah) serta donasi sosial lainnya, YBSMU mempunyai visi menjadi sebagai lembaga ZISWAF, dana sosial dan dana CSR yang terpercaya, terdepan dan modern. 

Dalam aktivitas pengelolaan dan penyaluran dana kepada asnaf mustahik, YBSMU mendasari programnya untuk menyantuni dan memberdayakan potensi para mustahik (penerima manfaat), sehingga mustahik memiliki peluang dan mampu bersaing mengangkat kehidupan yang lebih baik lagi.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari