Facebook

Emas sudah sejak zaman dahulu dikenal sebagai perhiasan sekaligus alat tukar uang. Selain emas ada juga perak yang memiliki fungsi yang sama pada masyarakat namun berbeda dalam nilainya. Emas memiliki nilai yang lebih tinggi dari perak hal ini dikarena memiliki kandungan lebih murni daripada perak.

Barangsiapa yang memiliki emas dan perak yang sudah mencapai nisab dan haulnya maka diwajibkan untuk membayarkan zakatnya.

Dalil wajibnya adalah firman Allah Ta’ala,

وَالَّذِينَ يَكْنِزُونَ الذَّهَبَ وَالْفِضَّةَ وَلَا يُنْفِقُونَهَا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَبَشِّرْهُمْ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ

Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih” (QS. At Taubah: 34-35).

Berapa Nishob Zakat Emas?

Nishab zakat emas adalah 20 mitsqal atau 20 dinar. Satu dinar setara dengan 4,25 gram emas. Sehingga nisab zakat emas adalah 85 gram emas (murni 24 karat). Jika emas mencapai nisab ini atau lebih dari itu, maka ada zakat. Jika kurang dari itu, tidak ada zakat kecuali jika seseorang ingin bersedekah sunnah.

Berapa Zakat Emas yang harus ditunaikan?

Besaran zakat emas adalah 2,5% atau 1/40 jika telah mencapai nishab. Contohnya, emas telah mencapai 85 gram, maka besaran zakat adalah 85/40 = 2,125 gram. Jika timbangan emas adalah 100 gram, besaran zakat adalah 100/40 = 2,5 gram.

Berapa Nishab Zakat Perak?

Nishob zakat perak adalah 200 dirham atau 5 uqiyah. Satu dirham setara dengan 2,975 gram perak. Sehingga nishab zakat perak adalah 595 gram perak (murni). Jika perak telah mencapai nishab ini atau lebih dari itu, maka ada zakat. Jika kurang dari itu, tidak ada zakat kecuali jika seseorang ingin bersedekah sunnah.

Berapa Zakat Perak yang harus ditunaikan?

Besaran zakat perak adalah 2,5% atau 1/40 jika telah mencapai nishab. Contohnya, 200 dirham, maka zakatnya adalah 200/40 = 5 dirham. Jika timbangan perak adalah 595 gram, maka zakatnya adalah 595/40 = 14,875 gram perak.

Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) menandatangani perjanjian Kerjasama dengan PT Sinergi Mulia Investama atau lebih dikenal dengan Gudangemas.com. Kerjasama ini merupakan langkah sinergi dengan pihak eksternal untuk mengoptimalkan penghimpunan ZIS (Zakat, Infaq dan Sedekah).

Penandatangan Perjanjian Kerjasama Yayasan BSMU dengan Gudangemas.com ini terkait fasilitas penghimpunan dana zakat emas dan infaq atas penjualan dan pembelian emas nasabah melalui fitur zakat emas pada aplikasi mobile gudangemas.com. Penghimpunan dana zakat dan infaq dari Gudangemas.com tersebut akan disalurkan melalui tiga pilar program Yayasan BSMU.

Kerjasama ini membuat para muzakki menjadi lebih mudah untuk membayar zakat. Melalui lembaga amanah, terpercaya dan profesional zakat akan diberikan kepada orang yang tepat dan akan mampu merubah mustahik menjadi muzakki.


   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari