Facebook

Peranan Guru Untuk Membangkitkan Potensi Pelajar

Pendidikan adalah suatu proses transformasi dari tidak tahu menjadi tahu, dari biasa menjadi luar biasa. Perubahan ini membutuhkan sosok yang dapat digugu dan ditiru, dia adalah yang disebut dengan guru.

Guru adalah seorang pendidik yang memberikan pengajaran, pendidikan, motivasi kepada anak didiknya yang berlangsung di dalam sekolah maupun di luar sekolau. Dalam proses belajar mengajar, guru mempunyai tanggungjawab untuk mendorong, membimbing dan memberi fasilitas yang cukup pada anak didiknya. Guru tidak hanya sebagai penyampai materi pembelajaran tetapi juga harus mampu membangun potensi peserta didik.

Peranan guru tidak hanya disematkan dalam sebuah profesi saja, namun juga dalam kehidupan sehari-hari ibu menjadi sekolah pertama bagi anak-anaknya.

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) memiliki program Pendidikan diantaranya adalah Sahabat Pelajar Indonesia (SPI), Islamic Sociopreneur Development Program (ISDP), Likes Center dan BSI Scholarship. Program ini bertujuan untuk mencerdaskan anak Indonesia sekaligus menggali dan mengembangkan potensi terbesar yang ada dalam diri para pelajar.

Program pendidikan Laznas BSMU di gawangi oleh seorang wanita Tangguh, seorang ibu sekaligus pendidik yang menginginkan semua penerima manfaat SPI, ISDP, Likes Center dan BSI Scholarship menjadi manusia unggul sesuai dengan potensi yang dimiliki, beliau bernama Aprilia Eviyanti, Manager Likes and Education Group.

Memperingati hari guru Nasional beliau berbagi pengalaman dalam mendidik para pelajar yang tergabung dalam penerima manfaat.

Dalam mendidik, seorang pendidik harus dapat menghargai perbedaaan tiap anak. Memahami apa kelebihan dan kekurangannya yang akan mempengaruhi metode pendidikan yang tepat dan dalam aplikasinya dibutuhkan kesabaran dan ketulusan dalam mendidik.

Selain mendidik, setiap pendidik juga jadi banyak belajar dari anak didik karena diferensiasi mereka. Sehingga pendidikan yang diberikan disesuaikan dengan kapasitas peserta didik bukan berdasarkan keinginan pendidik. Jika seorang pendidik memaksakan pembelajaran maka hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan tujuan pendidikan.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang mengakomodasi dari perbedaan murid, dimana kita memberikan ruang untuk mereka mengenal potensi dan menemukan kemampuannya. Pendidikan membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan, membentuk dan menguatkan karakter yang dimiliki setiap individu.

Metode pendidikan diferensiasi ini telah diimplementasikan kepada peserta SPI dan ISDP yang telah berjalan. Para mentor dan pembimbing pun memiliki pemahaman yang sama mengenai metode pendidikan diferensiasi tersebut. Pemahaman terhadap pembelajaran diferensiasi ini juga telah terseleksi dari para mentor dan pendamping yang saat ini tergabung dalam program pendidikan Laznas BSMU.

Salah satu hal yang wajib dalam pendidikan yang diterapkan dalam program pendidikan Laznas BSMU adalah mengantarkan peserta didik untuk mengenal agamanya (islam) lebih dekat. Sehingga anak menjadi paham tentang Islam bukan sebagai agama keturunan.  Agama menjadi value dasar dalam setiap pembelajaran dan pembinaan yang dilakukan dalam program2 Laznas BSMU.

Kurikulum mengenai pemahaman tentang agama islam menjadi hal yang wajib, kemudian didukung oleh oleh kurikulum yang bersifat akademis. Harapannya bagi awardee penerima beasiswa pendidikan tersebut dapat berguna bagi nusa bangsa dan agamanya.

Laznas BSMU memahami peranan pendidikan yang cukup besar untuk masa depan, sehingga melakukan yang terbaik untuk membangkitkan potensi yang terpendam dalam jiwa para pelajar. Setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan yang terbaik.

Untuk membantu program pendidikan tersebut Laznas BSMU memiliki program 10 ribu untuk sejuta kebaikan. Dengan cara mudah dan murah dapat memberikan kebermanfaatan yang berlipat ganda. Donasi dapat melalui www.jadiberkah.id atau www.bsmu.or.id/sejutakebaikan

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari