Facebook

Tips Menjaga Kesehatan Dimusim Hujan

Musim hujan identik dengan suasana sejuk dan dingin, yang cukup disenangi masyarakat di negara bermusim tropis. Apalagi sensasi ketika pertama kali turun hujan dan adanya petrichor atau bau alami yang tercium saat hujan turun membasahi tanah yang kering.

Meskipun demikian, hujan juga identik dengan resiko terjadinya genangan air  yang berpotensi banjir dan beberapa penyakit seperti diare dan penyakit demam berdarah karena nyamuk Aedes Aegypti. Untuk itu di musim hujan, kita perlu melakukan beberapa hal agar kesehatan kita tetap fit dan bisa stay productive.

Berikut beberapa cara menjaga kesehatan selama musim hujan:

  1. Siapkan payung dan memakai pakaian hangat setiap keluar rumah

Menjaga kondisi badan tetap kering dan hangat selama musim hujan ini sangat penting dilakukan. Karena kondisi baju basah menyebabkan suhu tubuh yang turun dan memudahkan terserang flu serta batuk. Selain payung dan jaket pun sebaiknya sediakan jas hujan atau baju ganti, karena kondisi hujan saat ini terkadang diikuti dengan angin kencang.

  1. Jaga asupan makanan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi yang memenuhi kebutuhan tubuh akan membantu tumbuh dalam membentuk imunitas melawan bakteri maupun virus. Untuk menjaga kehangatan tubuh juga sebaiknya mengkonsumsi makanan dan minuman hangat.

  1. Lakukan 4 M plus

Musim hujan merupakan masa dimana genangan air terjadi dimana mana,yang merupakan tempat terbaik untuk nyamuk berkembang biak, terutama nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah. Maka dari itu ada baiknya kita melakukan tindakan 4 M plus sebagai berikut :

  • Menguras dan menutup rapat tempat penampungan air.
  • Mengubur barang bekas yang dapat menampung air.
  • Memantau wadah air yang dapat menjadi sarang nyamuk.
  • Menghindari gigitan nyamuk dengan menggunakan obat anti-nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, memasang kasa anti-nyamuk, menaburkan bubuk larvasida ke dalam tempat penampungan air, dan sebagainya.
  1. Olahraga secara teratur

Suasana musim hujan yang dingin dan basah mengakibatkan kita cenderung malas untuk beraktivitas, terutama kegiatan outdoor. Namun olahraga cukup penting untuk kita lakukan, karna dengan berolahraga akan menjaga stamina, dan dari beberapa penelitian akan meningkatkan mood. Olahraga dalam ruangan juga bisa dilakukan seperti yoga, senam atau menggunakan treadmill, tapi jika sahabat ingin berolahraga di luar ruangan hindari saat hujan deras dan pastikan menggunakan pakaian dan sepatu yang aman.

  1. Tetap jaga protokol kesehatan

Pandemi covid masih belum hilang dan pada musim hujan bakteri dan virus cenderung lebih mudah menular, maka dari itu sahabat jangan lengah tetap lakukan protokol kesehatan. Cuci tangan dengan sabun dan memakai masker akan melindungi diri kita dari terinfeksi.

Semoga tips diatas bermanfaat sehingga  kita semua bisa menikmati musim hujan ini dengan santai dan dalam kondisi sehat. jangan lupa cek kondisi saluran air dan atap rumah ya, semoga banjir juga tidak hadir di musim hujan ini.

Penulis: dr.Nilam, Officer BSI Care Grup


Berita Terkait

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari