Facebook

Yayasan BSMU Perkuat Pengelolaan Zakat Secara Nasional

Bogor, 12 November  2021 – Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Yayasan BSMU) yang merupakan mitra strategis dari PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi penghimpunan dan pengelolaan dana zakat serta donasi sosial secara nasional.

Penguatan komitmen dan kemitraan strategis ini tercermin dari upaya Yayasan BSMU untuk terus memperluas jangkauan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat. Hal ini didukung dengan ditunjuknya Yayasan BSMU sebagai mitra UPZ-BSI dalam penyaluran dan pendayagunaan dana zakat yang dihimpun dari ekosistem BSI.

Kegiatan kemaslahatan Yayasan BSMU bersama pihak terkait, semakin kokoh dengan kepercayaan dari Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama RI yang kembali mengukuhkan Yayasan BSMU sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS). Pengukuhan ini secara resmi diterima oleh Yayasan BSMU melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Agama RI No. 1010 Tahun 2021, tanggal 06 Oktober 2021, tentang pemberian Izin kepada Yayasan BSMU sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional.

Acara seremonial penyerahan SK Menteri Agama RI kepada Yayasan BSMU sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Tahfidz Bina Santri Indonesia (Ponpes Tahfidz BSI) yang berlokasi di Komplek Parung Hijau, Kemang, Kab. Bogor, pada hari Jumat (12/11).

Seremonial diselenggarakan, sekaligus dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/ 2021 dengan tetap menjaga prinsip protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Hadir dalam acara ini, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A.; Kasubdit Kelembagaan dan Informasi Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Dra. Andi Yasri; Kepala Seksi Identifikasi dan Inventarisasi Lembaga Subdirektorat Kelembagaan dan Informasi Zakat dan Wakaf Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama, Nur Uyun, S.E; Komisioner Baznas, Noor Achmad; Pembina Yayasan BSMU/ Wakil Direktur Utama 2 BSI, Abdullah Firman Wibowo; Ketua Umum Pengurus YBSMU, Suhendar; Direktur Eksekutif Yayasan BSMU, Sukoriyanto Saputro; serta jajaran direksi, dewan pengawas dan dewan pengawas Syariah Yayasan BSMU.

Dalam rangkaian acara penyerahan SK tersebut, Dirjen Bimas Islam memberikan pembinaan kepada  para pengurus dan pelaksana Yayasan BSMU tentang Peran Kementerian Agama RI dalam Pembinaan dan Pengawasan Lembaga Zakat; dan pemberian pembinaan ini dikuatkan oleh Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf melalui pengarahannya tentang Sinergitas  Program Kampung Zakat.

Ketua Umum Pengurus Yayasan BSMU, Suhendar mengungkapkan rasa bahagianya atas penerimaan SK ini. Menurut Suhendar, pengukuhan kembali Yayasan BSMU sebagai LAZNAS ini akan menjadi semangat tersendiri bagi seluruh jajarannya dalam upaya terus mewujudkan dedikasi kepada umat melalui gerakan zakat di tanah air. “Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Agama RI atas kepercayaan kepada Yayasan BSMU yang kembali dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat Nasional,” kata Suhendar.

Atas kepercayaan yang diberikan Kementerian Agama RI ini, Wakil Direktur Utama 2 BSI sekaligus Dewan Pembina Yayasan BSMU, Abdullah Firman Wibowo menyampaikan apresiasinya kepada Yayasan BSM Umat yang telah mendapatkan SK dari Kementerian Agama RI ksebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional. “Kedepan BSI berharap Yayasan BSM Umat dapat menjadi mitra strategis dalam  mengoptimalkan potensi dan penghimpunan dana ZISWAF dari masyarakat yang lebih luas, sehingga dapat berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan memberikan kemaslahatan bagi umat,” kata Abdullah Firman.

Sinergi BSI, BAZNAS, Yayasan BSMU serta pemerintah dan regulator diharapkan menjadi energi baru pembangunan ekonomi nasional serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat luas melalui instrumen ZISWAF (Zakat,Infaq,Shadaqah dan Wakaf) dengan adanya kolaborasi dari seluruh stakeholders.

BSI berharap bisa menjadi cerminan wajah perbankan Syariah di Indonesia yang modern, universal, dan memberikan kebaikan bagi segenap alam (Rahmatan Lil’Alamiin). Hingga September 2021, BSI telah menyalurkan zakat perusahaan kepada BAZNAS senilai Rp72,48 miliar yang berfokus kepada 3 hal utama yaitu pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dan BSI Care.

Dalam acara ini juga dilakukan peninjauan pameran karya binaan Yayasan BSMU dan Pondok Pesantren Tahfizh BSI, serta dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan paket sembako kepada 100 warga disekitar area pesantren yang diwakili oleh tokoh masyarakat setempat.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari