Facebook

8 Rahasia Rezeki yang Jarang Manusia Ketahui

 

Masalah rezeki manusia menjadi perbincangan menarik. Hal ini karena rezeki memiliki arti penting dalam kehidupan.

Rezeki tidak hanya bermakna sempit yaitu tentang harta saja, namun rezeki dapat juga memiliki arti sebagai anugerah, yaitu anugrah atau pemberian Allah kepada makhluk-Nya.

Allah berfirman dalam Al Quran surah Ar-Rum ayat 40 :

Artinya : “Allah-lah yang menciptakanmu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali)”

 

Meahami berbagai jenis rezeki akan membantu kita bersabar dan berhusnudzan kepada-Nya. Sehingga ketika kita diberi kesempitan, dapat selalu bersabar dan bersyukur dengan menyadari bahwa rezeki datang dari-Nya, kemudian dilanjutkan dengan doa agar selalu diberi kelimpahan. Selain itu juga dapat membuat kita menjadi umat yang semakin banyak bersyukur.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa jenis rezeki yang disebutkan dalam Al Quran:

  1. Rezeki Yang Telah Dijamin 

“Tidak ada satu makhluk melatapun yang bergerak di atas bumi ini yang tidak dijamin ALLAH rezekinya.” (Surah Hud : 6).

  1. Rezeki Karena Berusaha

“Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala dunia itu.” (QS. Ali Imran ayat 145).

  1. Rezeki Karena Bersyukur

“Dan (ingatlah juga) tatkala Tuhanmu memaklumkan ‘Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim ayat 7).

  1. Rezeki Karena Bertakwa (Rezeki yang tidak terduga)

“Barangsiapa yang bertakwa kepada ALLAH nescaya Dia akan menjadikan baginya jalan keluar dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya.” (Surah At-Talaq : 2-3).

  1. Rezeki Karena Istighfar

“Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan melimpahkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh ayat 10 – 12).

  1. Rezeki Karena Menikah

“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak dari hamba sahaya baik laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, maka ALLAH akan memberikan kecukupan kepada mereka dengan karunia-Nya.” (Surah An-Nur : 32).

  1. Rezeki Karena Anak

“Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu kerana takut miskin. Kamilah yang akan menanggung rezeki mereka dan juga (rezeki) bagimu.” (Surah Al-Israa’ : 31).

  1. Rezeki Karena Sedekah

“Siapakah yang mahu memberi pinjaman kepada ALLAH, pinjaman yang baik (infak & sedekah), maka ALLAH akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipatan yang banyak.” (Surah Al-Baqarah : 245).

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) mengajak untuk melipat gandakan rezeki dengan berdonasi dalam program 10 ribu untuk sejuta kebaikan. Hanya dengan bermodal uang sepuluh ribu rupiah tapi kebermanfaatannya sangat banyak sekali. Bersedekah juga merupakan salah satu ciri seorang hamba bersyukur atas nikmat rezeki yang telah didapatkannya.


Berita Terkait

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari