Facebook

Alhamdulillah, Indonesia Terbebas dari Zona Merah Covid-19

Perkembangan Covid-19 di Indonesia mengalami perkembangan positif.  Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat penambahan jumlah wilayah yang ‘nihil’ dari kasus corona di seluruh Indonesia.

Hal tersebut terungkap dalam data terbaru yang dipublikasikan melalui laman covid-19.go.id , seperti dikutip CNBC Indonesia, Selasa (9/11).

Data ini merupakan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah yang diperbaharui secara mingguan. Data per 7 November, zona hijau Covid-19 kini mencapai 19 wilayah.

Mengutip  CNBC Indonesia, zona merah tak lagi terdeteksi di sejumlah wilayah dalam dua bulan terakhir. Sementara itu, zona sedang tak lagi terlihat dalam tiga minggu terakhir.

Adapun zona kuning atau daerah berisiko rendah mengalami penurunan dari 500 kabupaten kota menjadi 495 daerah pada pekan ini. Seluruh wilayah di Pulau Jawa masuk kategori ini.

Meskipun ada kabar menggembirakan ini, kita masih harus terus menjalankan protokol kesehatan Covid-19 karena belum terbebas sepenuhnya dari ancaman Covid-19 ini. Di Jakarta sendiri, dikabarkan ada tren kenaikan kasus Covid-19 selama sepekan terakhir.

Hal ini diungkapkannya dalam konferensi pers evaluasi mingguan PPKM yang ditayangkan secara virtual melalui YouTube Sekretariat Presiden, Senin (8/11/2021). “Di Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, hampir semuanya trennya adalah naik (kasus Covid-19). Jadi saya mohon kita semua hati-hati,” ujar Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves).

“Di Jakarta, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, hampir semuanya trennya adalah naik (kasus Covid-19). Jadi saya mohon kita semua hati-hati,” ujar Luhut.

Meskipun ada tren kenaikan, Luhut pun mengungkapkan, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia terus terjaga pada kondisi yang terkendali.

Untuk tingkat penularan kasus Covid-19 di Jawa berada pada angka 0,93 persen. Kondisi itu menurut Luhut mengindikasikan pandemi di Indonesia saat ini terkendali. Sementara itu, tingkat penularan Covid-19 di Bali sebesar 0,97 persen.

“Tadi kita juga dapat laporan dari epidemiolog kita bahwa tingkat kematian, jumlah pemakaman itu sudah sama (kondisinya) dengan sebelum pandemi,” tutup Luhut.


Berita Terkait

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari