Facebook

Meneladani Perjuangan dari Logo Hari Pahlawan 2021

Tiap tahun pada tanggal 10 November 2021 diperingati sebagai hari pahlawan. Memperingati Hari Pahlawan setiap tahunnya menjadi salah satu cara bagi generasi saat ini untuk mengingat kembali dan menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah mengorbankan dirinya untuk Tanah Air.

Tahun ini tema yang diangkat adalah Pahlawanku Inspirasiku. Selain semangat pantang menyerah dari para pahlawan inspirasi lain yang dapat diambil adalah rela berkorban, mengorbankan kepentingan diri sendiri untuk kepentingan umum. Gambaran jiwa pahlawan tercermin dalam logo hari pahlawan tahun ini.

Dilansir dari Kemensos.go.id mengenai makna logo Hari Pahlawan 2021 memuat unsur bambu runcing, bendera merah putih, dan tulisan tema. Logo tersebut mengandung sejumlah makna, dengan penjabaran sebagai berikut:

Bambu runcing

Bambu runcing merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan menghadapi kolonialisme.

Menolong

Pahlawan merupakan orang yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya. Pahlawan adalah sosok yang senang dalam menolong orang lain.

Buku

Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi sekarang bisa melakukan napak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan sumber inspirasi bagi para pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.

Bendera berkibar

Bendera merah putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang kita harus jaga dengan mewujudkan tujuan bernegara: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Kepalan tangan

Kepalan tangan merupakan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Walaupun hanya tanggal 10 november saja yang kita peringati sebagai hari pahlawan tetapi jiwa-jiwa kepahlawan harus selalu ada dalam setiap langkah amal yang dikerjakan. Dahulu pahlawan berjuang dengan jiwa raga dan harta namun kini kamu bisa berjuang dengan memaksimalkan potensi yang ada.

Saat ini Indonesia masih dalam pandemi, setiap warga Indonesia terpanggil jiwa kepahlawanan untuk menghadapi pandemi virus corona. Kolaborasi dan aksi nyata sangat diharapkan. Salah satunya dengan rela berkorban kepentingan sesat demi membantu orang lain. Bukan menjadi orang yang bahagia di tengah penderitaan orang. Kontribusi nyata bisa dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan, membantu orang yang terdampak pandemi dan terus berjuang membangkitkan ekonomi.

Dalam rangka mengisi Hari pahlawan Laznas bangun Sejahtera mengajak untuk ikut dalam program 10 ribu untuk sejuta kebaikan. Melalui program sejuta kebaikan banyak manfaat yang dapat disebar luaskan. Dengan membantu minimal 10ribu sudah menjadikan anda pahlawan yang berarti untuk umat.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari