Facebook

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi muslim yang telah memenuhi syarat. Tujuan zakat selain untuk untuk mensucikan, membersihkan diri dan harta juga meningkatkan solidaritas social serta ekonomi islam.

Dalam zakat juga terdapat sisi-sisi yang dapat menimbulkan produktifitas, yang dapat dijadikan landasan dalam pengembangan ekonomi umat. Kata-kata zakat disebut di dalam al-Quran sebanyak 82 kali dan selalu dirangkaikan dengan perintah shalat. Ini menunjukkan pentingnya lembaga zakat itu, setelah lembaga shalat yang merupakan sarana komunikasi utama antara manusia dengan Tuhan.

Ada berbagai balasan yang Allah berikan bagi orang yang menunaikan zakat, yaitu:

  1. Memiliki Sifat Penghuni Surga
    “Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalam taman-taman (jannah) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah). Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian.” (QS. Adz-Dzariyat ayat 15-19).

    2. Mendapatkan Rahmat Allah
    “Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan mereka taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah.” (QS. At-Taubah ayat 71)

    3. Menyuburkan Harta Zakat
    Allah akan mengembangkan dan menyuburkan harta zakat bagi orang yang mengeluarkannya. Allah berfirman: “Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah.” (QS. Al-Baqarah ayat 276)

    4. Diberi Naungan dari Panas Hari Kiamat
    Allah akan menaungi orang yang mengeluarkan zakat dari panasnya hari kiamat. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah di bawah naungan-Nya pada hari yang tiada naungan kecuali naungan (dari)-Nya: …seseorang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dikeluarkan oleh tangan kanannya…” (HR. Bukhari no. 660)

    5. Membuka Pintu-Pintu Rezeki
    Zakat membersihkan harta dan mengembangkannya, serta membuka pintu-pintu rezeki bagi pelakunya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Harta tidak akan berkurang karena sedekah…” (HR. Muslim no. 2588)

    6. Sebab Turunnya Kebaikan
    Zakat adalah sebab turunnya berbagai kebaikan, dan menolak membayar zakat adalah sebab terhalangnya berbagai kebaikan. Dalam hadits disebutkan: “Tidaklah suatu kaum menahan zakat harta mereka melainkan mereka dihalangi mendapatkan hujan dari langit. Seandainya bukan karena hewan ternak, niscaya mereka tidak akan mendapat hujan.” (HR. Ibnu Majah no. 4019)

    7. Menghapuskan Kesalahan
    Zakat mampu menghapuskan dosa dan kesalahan. Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :
    “Sedekah dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air dapat memadamkan api.” (HR. Tirmidzi no. 609)

Dengan banyaknya keutamaan dan janji Allah subhanahu wata’ala kewajiban zakat sangat rugi bila tidak ditunaikan. Menunaikannya seperti menjamin kebaikan untuk diri sendiri untuk kehidupan saat ini dan diakhirat kelak.

Bayar zakat di Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU)

Laznas BSMU adalah salah satu lembaga amil zakat di Indonesia, memiliki berbgai program unggulan untuk membantu sesama. Mulai dari perkotaan sampa desa merasakan kemaslahatannya. Akhir tahun 2021 Laznas BSMU memiliki program unggulan 10ribu untuk sejuta kebaikan.

Dengan program ini, masyarakat dapat dengan mudah melakukan Infaq Bantuan COVID-19 untuk membantu program pemerintah menangani pandemic. Bantuan ini dapat dilakukan melalui aplikasi BSI Mobile, Jadiberkah.id atau BSMU.or.id.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari