Facebook

COVID Mereda, Masyarakat Disarankan Tetap Disiplin Cuci Tangan

Saat ini trend Covid-19 mengalami penurunan di Indonesia. Hal ini membuat beberapa provinsi di Indonesia salah satunya DKI Jakarta melakukan relaksasi pengetatan aturan. Hal ini membuat masyarakat menjadi leluasa bergerak.

Namun demikian perlu terus dilakukan pemantauan protokol kesehatan, karena secara global dunia masih dalam pandemi virus corona. Hal ini didukung data dari BPS bahwa tingkat Kepatuhan Masyarakat untuk Cuci Tangan berada di 75,38 Persen. Angka yang masih kurang karena berbagai penularan penyakit bisa terjadi dengan sentuhan tangan.

Menurut penelitian yang dilakukan John Hopkins, menyebut pada Juli 2020 hingga Maret 2021 aktivitas rutin cuci tangan di Indonesia mengalami penurunan lima persen.

Kapan sajakah kita dianjurkan untuk cuci tangan?

Mencuci tangan dianjurkan dilakukan secara berkala, terutama pada saat:

  • Sebelum menyentuh Mata, Hidung dan Mulut
  • Setelah menyentuh berbagai macam benda/permukaan yang disentuh banyak orang atau yang mungkin sudah terkontaminasi

Lalu apa saja manfaat luar biasa dari mencuci tangan?

Dilansir dari Kementerian Kesehatan RI, ada beberapa manfaat mencuci tangan, diantaranya:

  • Mencuci tangan dapat mengurangi diare 
  • Mencuci tangan dapat mengurangi infeksi pernapasan akut 
  • Mencuci tangan penting untuk mengurangi transmisi penyebaran patogen seperti: kolera, ebola, shigellosis, SARS dan hepatitis E 
  • Praktek kebersihan tangan melindungi terhadap infeksi terkait perawatan kesehatan dan mengurangi penyebaran resistensi antimikroba 
  • Kebersihan tangan dapat berkontribusi pada pengurangan Penyakit Tropis Terabaikan 
  • Mencuci tangan dengan sabun merusak membran luar virus dan dengan demikian menonaktifkannya
  • Satu studi menemukan bahwa mencuci tangan dengan sabun secara teratur dapat mengurangi kemungkinan infeksi COVID-19 sebesar 35 persen

Selain menjaga kesehatan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, kita juga bisa menjaga dengan cara bersedekah. Karena salah satu manfaat dari sedekah selain menyebarkan kebermanfaatan juga menghindari dari bencana.

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) membantu masyarakat dalam menyalurakan dana-dana ZIS nya dengan lebih profesional. Untuk meluaskan maslahat maka dicanangkan program 10 ribu untuk sejuta kebaikan. Walaupun berdonasi dengan jumlah yang tidak terlalu besar namun kebermanfaatannya sangat memiliki dampak yang besar.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari