Facebook

Mengenal Lebih Dekat Profil ISDP Universitas Airlangga (Bagian Pertama)

Sejak tahun 2018, program Islamic Sociopreneur Development Program diselenggarakan. Sinergi Laznas  Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) mencetak wirausahawan baru dari kalangan milenial lewat. Sudah 7 Universitas yang mendapat kebermanfaatan dari program ISDP, salah satunya adalah Universitas Airlangga. 

ISDP merupakan program beasiswa inkubator bisnis untuk mencetak generasi milenial sebagai sociopreneur muslim yang cakap berwirausaha, memiliki kepedulian sosial yang tinggi, dan berdaya guna di masyarakat. Program ini merupakan salah satu wujud kepedulian Bank Syariah Indonesia bersama LAZ BSMU terhadap generasi milenial bangsa Indonesia sekaligus berkontribusi terhadap pengembangan sektor UMKM yang sejalan dengan arahan Presiden RI.

Setelah melewati berbagai tahapan, bimbingan dan workshop untuk menembak jiwa wirausaha secara teori dan praktik dilakukan, maka dari Universitas Airlangga lahirlah awarde ISDP. Beberapa profile tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Achmad Badrus Zaman Rifky Ramadhan

Usaha: BSFNESIA

Achmad Badrus Zaman Rifky Romadhon merupakan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga. Peraih awardee dalam Kegiatan Bisnis Manajemen Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2020 ini mempunyai bisnis pertanian, peternakan dan perikanan bersama Muhammad Faqih Dengan brand BSFNESIA. Menurutnya ISDP merupakan wadah upgrading diri, bisnis dan sebagai support system bersama teman-teman yang hebat.

  1. Achmad Felik Apriyadi

Usaha: Kangen Piknik.Id

Achmad Felik Apriyadi merupakan mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Awardee Program Mahasiswa Wirausaha Unair 2020 ini menjalankan bisnis industri kreatif dengan brand Kangen Piknik.Id. Menurutnya ISDP merupakan sarana belajar yang baik untuk lebih mengenal dunia wirausaha.

  1. Afif Haruman Permadi

Usaha: Vetways Premix

Afif Haruman Permadi merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Afif bersama Wynnalda kharismawati menjalankan bisnis pertanian, peternakan dan perikanan dengan brand Vetways Premix. Menurutnya dengan mengikuti program ISDP, dirinya semakin paham akan filosofi sociopreneur dimana bisnis yang berdampak untuk alam dan masyarakat akan tetap sustain dan memiliki profit stabil.

  1. Afifatul Qurana

Usaha: yourfashionhijab.id

Afifatul Qurana merupakan mahasiswi Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Saat ini Afifatul menjalankan bisnis industri kreatif dengan brand yourfashionhijab.id. Menurutnya di ISDP mahasiswa tidak hanya diberikan pelatihan namun eksekusi nyata menjadi sociopreneur hebat dan luar biasa.

  1. Almujaddidi

Usaha: Salon Pet: PAGAR Animal Care

Al Mujaddidi merupakan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga. Peraih Juara 1 Business Plan Vet Competition – International – IVSA Pakistan ini mempunyai industri kreatif dengan brand Salon Pet: PAGAR Animal Care. Menurutnya dengan mengikuti ISDP, dirinya mempunyai ilmu untuk meningkatkan skill entrepreneurship dengan pendampingan yang berkala.

  1. Dewi Nuraini

Usaha: DOBUDOTID

Dewi Nuraini merupakan mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Dewi merupakan bisnis industri kreatif dengan brand DOBUDOTID. Menurutnya dengan mengikuti ISDP, banyak pelajaran terkait sociopreneur yang bisa didapat.

Masih ada lagi profil awardee ISDP yang akan kita bahas pada tulisan selanjutnya.

Keanekaragaman kategori usaha yang digeluti oleh awardee ISDP menunjukkan besarnya potensi yang dimiliki para mahasiswa untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses. Semoga dengan semakin banyak terbentuk sociopreneur semakin banyak yang dapat dibantu dalam permasalahan ekonomi. Hal ini juga menjadi salah satu potensi untuk peningkatan penghimpunan dana zakat dari generasi milenial.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Cari