Keutamaan Sedekah Subuh dan Cara Melakukannya

Sedekah merupakan amal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wata’ala dan sekaligus memiliki manfaat dunia maupun akhirat. Kebermanfaatannya dapat langsung dirasakan oleh orang yang senantiasa mengamalkan. Secara sosial sedekah dapat mengurangi ketimpangan ekonomi yang ada.

Salah satu waktu yang dianjurkan untuk sedekah adalah waktu subuh. Bersedekah di waktu Subuh memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah pada waktu ini akan ada dua malaikat yang mendoakan amalan kita. Rasulullah bersabda:

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslim, dari Abu Hurairah).

BACA: Simak, Ini Keutamaan Sedekah Menurut Qur’an Dan Hadits

Setelah mengetahui manfaatnya tentu kita berkeinginan untuk menjalankan , caranya sebagai berikut:

  1. Mengisi kotak amal di masjid usai mengerjakan sholat Subuh berjamaah. Kaum pria bisa langsung memasukkannya sendiri ke kotak amal, sedangkan kaum wanita dapat menitipkannya ke suami atau anak yang pergi ke masjid. Cara ini yang paling sering dilakukan oleh orang.
  2. Selain itu, bisa dengan mentransfer uang melalui rekening persis setelah subuh kepada orangtua, sahabat yang membutuhkan, lembaga sosial, dan lain sebagainya.saat ini melalui BSI Mobile Banking bisa semakin mudah dalam membayar Ziswaf ke Laznas BSM Umat. Selain itu ada juga fitur untuk pembayaran Ziswaf terjadwal.
  3. Memberi makanan dengan cara diantar ke rumah tetangga, ke pondok pesantren, ke panti asuhan, dan lain-lain. Ini dilakukan setelah subuh sebelum matahari tampak.
  4. Mengantarkan sumbangan atau bantuan kepada yang membutuhkan, persis usai subuh.

Zaman digital saat ini kita sangat mudah untuk melakukan kebaikan. Tidak perlu memikirkan jarak dan waktu untuk bersedekah. Bahkan kita bisa meminimalisir lupa bersedekah dengan fitur sedekah terjadwal Laznas BSM Umat. Dana-dana yang terhimpun akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mengatasi permasalahan orang lain.  Beberapa program penyalurannya ada Beras untuk Santri, Bantuan Covid-19, Peduli Masjid dan Infaq Kemanusiaan.

BACA : Cara Bersedekah Yang Baik

Rutin bersedekah subuh akan dapat mendatangkan kecintaan Allah jika dilakukan dengan ikhlas. Sehingga permasalahan yang terjadi akan diberikan kemudahan jalan keluarnya oleh Allah SWT. Beruntunglah orang-orang yang menunaikannya dan merugilah orang yang menyepelekannya.

Lembaga Amil Zakat Nasional Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) sangat memahami kebutuhan masyarakat untuk bersedekah. Oleh karena itu, masyarakat dapat  berdonasi dengan 10 ribu rupiah atau lebih untuk untuk  membantu masyarakat yang membutuhkan melalui aplikasi BSI Mobile, bsmu.or.id, dan jadiberkah.id.

 

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search