Kunci Sedekah Agar Pahala Makin Berlimpah

Sedekah adalah amal yang melahirkan banyak buah kebaikan. Bersedekah membuat manusia semakin dekat kepada Allah SWT dan merupakan cerminan syukur terhadap apa yang telah diberikan.

Ibadah ini juga bisa menghapus dosa yang pernah dilakukan. Sehingga sangat disayangkan jika ada yang melewati hari tanpa bersedekah. Dengan bersedekah ada beberapa benefit yang akan didapat salah satunya adalah dimudahkan urusan dan balasan pahala yang berlipat ganda.

Hal ini sesuai dengan firman Firman Allah dalam Surat At-Thalaq Ayat 7, “Dan orang yang disempitkan rezekinya hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan (sekedar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan.”

Firman Allah tersebut mengajarkan kepada manusia agar tidak perlu khawatir untuk meng infaq/sedekah-kan rezeki walaupun dalam kondisi kesempitan.

BACA : Belajar Sedekah Dari Kisah-kisah Ajaib Pembeli Syurga

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, dalam mengamalkan sedekah harus melaksanakan adab-adabnya. Adapun adab-adabnya, dijelaskan oleh Imam Al-Ghazali dalam risalah berjudul Al-Adab Fid Din dalam Majmu’ah rasail Al-Imam Al-Ghazali (Kairo, Al-Maktabah at-Taufiqiyyah) Hal. 438, sebagai berikut:

“Adab orang yang bersedekah, yakni hendaknya memberikan sedekah sebelum diminta, tidak diketahui orang (lain) ketika memberikan, menjaga kerahasiaan setelah memberikan, bersikap ramah terhadap orang yang memintanya, tidak menjawab dengan penolakan, hendaknya menjawab dengan suara lirih ketika menolak, menghindari sikap bakhil, memberikan apa yang diminta atau menolaknya dengan penolakan yang baik, jika iblis la’natullah menghalanginya dengan membisikkan bahwa sesungguhnya si peminta tidak berhak menerima, maka hendaknya ia tidak menarik kembali apa yang telah diberikan Allah sebagai nikmat sedang peminta itu berhak atasnya”.

Setelah mengetahui adabnya, apa yang bisa kita lakukan untuk menjadikan sedekah yang dilakukan nilainya menjadi semakin berlipat ganda dari sebelumnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam bersedekah yaitu:

  1. Niatkan bersedekah hanya untuk mengagungkan Allah
  2. Pastikan harta yang kita sedekahkan itu adalah harta yang halal, tidak bersumber dari penghasilan yang haram, seperti menipu, berjudi dan merampas hak orang lain.
  3. Gembirakan orang-orang yang berjasa dengan sedekah yang dilakukan. Orangtua dalam hal itu adalah orang yang sangat berjasa atas semua kesuksesan yang telah diraih, maka selayaknya mereka menjadi orang pertama yang harus berbahagia dengan jerih payah yang telah didapatkan. Kemudian kepada guru-guru yang telah mengajarkan ilmu, sehingga kita saat ini menjadi pintar dengan perantaranya.
  4. Selesaikan permasalahan orang yang sedang kesulitan, seperti orang miskin, yatim piatu, janda, orang yang sedang menuntut ilmu, musafir dan lain sebagainya.

BACA : Cara Bersedekah Yang Baik

Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika kita menyalurkan sedekah melalui lembaga ZISWAF. Walaupun dana yang kita berikan jumlahnya tidak banyak, namun dengan dikumpulkan akan memiliki efek yang besar.

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) merupakan lembaga ZISWAF yang memiliki banyak program yang bertujuan untuk merubah mustahik (orang tidak mampu) menjadi muzakki (orang yang berzakat). Mulai dari program ekonomi, pendidikan, kesehatan dan kebencanaan. Beberapa program unggulan adalah untuk zakat ada orang tua, untuk infaq ada Beras untuk santri, bantuan covid, peduli masjid, infaq kemanusiaan dan untuk wakaf ada wakaf uang, wakaf ambulance, dan wakaf Bakauheni.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search