Berdayakan Ekonomi, Berikut Program Program Unggulan Laznas BSMU

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) memiliki 3 (tiga) pilar program yaitu Mitra Umat, Didik Umat dan Simpati Umat. Berfokus pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup, BSI mempunyai beberapa program-program unggulan. Program-program yang dilaksanakan salah satunya untuk mencapai Sustainable Development Goals  SDGs.

Dalam bidang ekonomi, Program Mitra Umat menekankan pada gerakan pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat dan kemitraan dengan bantuan dana modal usaha bergulir, pelatihan dan pendampingan usaha kecil.

Program Didik Umat tertuju pada peningkatan kualitas pendidikan masyarakat dengan pemberian bantuan pendidikan (beasiswa) dan sarana prasarana belajar. Program BSMU Care fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan bantuan kesehatan dan bantuan kebencanaan dan lingkungan hidup. Disamping itu, Laznas BSM Umat turut serta mengembangkan program pemberdayaan ekonomi di lingkungan pesantren melalui program Lembaga keuangan Mikro Syariah (LKMS) – Bank Wakaf Mikro (BWM).

BACA : Bank Syariah Indonesia dan Laz BSMU Bangun Desa Berdaya Sejahtera Mandiri di Lampung Tengah

Mitra Umat memiliki 2 program yaitu Desa dan UMKM.

  1. Program Desa, dengan mengoptimalisasi potensi desa yang telah ada Laznas BSMU meningkatkan taraf hidup penduduk desa tersebut dari mustahik menjadi muzakki. Saat ini Laznas BSMU memiliki desa binaan sebanyak 4 desa yaitu Rejo Asri, Seputih Lampung – klaster padi, Desa Kejombong, Purbalingga – klaster kambing, Desa Trenggalek – klaster sapid an Desa Candi Binangun Yogyakarta – Pertanian Ecopark.
  2. UMKM, adalah sebuah program untuk membantu para UMKM untuk naik kelas, sehingga pendapatan para wirausaha tersebut menjadi meningkat. Selain itu juga memberikan bantuan untuk ketahanan pangan dalam program warteg mobile dan pemberian sembako kepada yang membutuhkan.

Didik Umat memiliki 2 program unggulan yaitu Sahabat Pelajar Indonesia (SPI) dan Islamic Sociopreneur Development program.

  1. ISDP, Program inkubator bisnis yang menyiapkan mahasiswa menjadi wirausaha muslim yang memiliki kemampuan wirausaha, memiliki kepedulian sosial dan berdaya guna di masyarakat. Sebaran Universitas penerima beasiswa ISDP ada di 7 kampus, yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Universitas Hasanuddin, Universitas Andalas, UIN Jakarta dan STEI SEBI dengan total penerima manfaat sebanyak 130 mahasiswa.
  2. SPI, Program bantuan biaya pendidikan dan pembinaan bagi siswa dan siswi binaan dari keluarga kurang mampu yang bertujuan untuk membentuk karakter-karakter positif siswa. Pelajar yang menerima beasiswa ini adalah siswa kelas VII sampai dengan XII. Selain mendapatkan bantuan biaya sekolah, program SPI ini juga memberikan bimbingan akademis maupun non akademis dengan dibantu oleh mentor yang tersebar di seluruh Indonesia. Total penerima beasiswa SPI tahun ajaran 2020 – 2021 sebanyak 4.961 siswa.

BACA : NGOPI: Desain Your Life

BSMU Care memiliki 2 program unggulan yaitu health and mobile care (HMC) dan Disaster Care (DSC)

  1. Health and mobile care (HMC)

Program layanan kesehatan dan layanan kebutuhan ambulance medis serta bantuan pelayanan jenazah bagi masyarakat dhuafa. Tujuan program untuk memfasilitasi kesehatan dan membantu warga yang membutuhkan, serta melakukan pencegahan dan penularan Covid-19 melalui kegiatan pembagian masker, hand sanitizer, penyemprotan desinfektan serta fasilitasi advokasi dan bantuan langsung penderita COVID-19.

  1. Disaster Care (DSC)

Program Kebencanaan merupakan kegiatan respon bagi masyarakat yang terdampak bencana alam. Tujuannya untuk mengurangi resiko korban jiwa serta membantu meringankan kebutuhan masyarakat, serta melakukan edukasi, peningkatan kapasitas dan penguatan sistem penanganan bencana di simpul komunitas dengan melibatkan masyarakat, swasta dan pemerintah.

LKMS BWM (Lembaga Keuangan Mikro Syariah – Bank Wakaf Mikro)

Merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah yang terdaftar dan diawasi Jasa Keuangan (OJK). Bertujuan untuk menyediakan permodalan atau pembiayaan bagi masyarakat kecil yang belum memiliki akses pada lembaga keuangan formal. Bank Wakaf Mikro diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat, serta mengurangi ketimpangan dan kemiskinan. Saat ini sudah terdapat 60 BWM di 18 Provinsi seluruh Indonesia.

Adanya berbagai program tersebut, diharapkan mampu menebar kemaslahatan bagi umat Islam dan sebagai bakti kepada bangsa dan negara tercinta.

BACA : Laznas BSMU Bantu Masyarakat Terdampak Kebaran di Makassar.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search