Santri Tahfidz Qur’an Dalami Ilmu Pertanian di Desa Binaan Laznas BSMU

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) berkomitmen untuk meningkatkan khasanah keilmuan para Santri Tahfidz di Rumah Qur’an yang dikelola.  Salah satu program yang dilakukan untuk memberikan keterampilan hidup para santri adalah dengan praktek magang di Desa Binaan Laznas BSMU.

Dalam praktek magang di Desa Binaan ini terdapat pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum dibuat oleh Laznas BSMU. Kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran menitik beratkan pada ilmu-ilmu tentang Al-Qur’an, namun demikian tidak mengesampingkan ilmu sosial serta keterampilan yang dapat menjadi bekal hidup di kemudian hari.

Program magang ini bertujuan untuk mensinergikan program-program yang ada agar dapat berjalan beriringan. Santri memberikan ilmu yang telah didapatkan selama di pondok kepada masyarakat di desa binaan dan santri belajar langsung praktek pertanian.

BACA : Simak Serunya Proses Magang Santri Rumah Tahfidz Qur’an di Desa Binaan Laznas BSMU

19 September 2021 adalah hari terakhir santri Rumah Tahfidz Parung melakukan proses magang di desa binaan Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU). Santri magang di tiga desa yaitu  KTT Ngudi Dadi Desa Kedarpan, Kecamatan Kejobong, Purbalingga, PP Gapsera, Desa Rejo Asri, Seputih Raman, Central Lampung Regency, Lampung dan  Cianjur Bogor.

Keenam santri magang merasakan manfaat yang cukup besar mengikuti proses megang di desa binaan Laznas BSMU. Hal ini karena mereka mendapatkan ilmu secara praktek berkaitan dengan pertanian. Salah satu ilmu yang dipelajari adalah mengenai pertanian organik, mulai dari cara pengolahannya sampai dengan pengemasan.

Kegiatan magang membuka cakrawala para santri terutama di dunia pertanian, sekaligus dapat mengamalkan ilmu yang selama ini telah di dapatkan di pondok. Walaupun santri disibukkan dengan kegiatan magang, namun kewajiban para santri tetap dikerjakan yaitu tetap menghafal Al quran.

BACA : Mengenal Rumah Tahfidz Qur’an Laznas BSMU di Parung Bogor

Deka Aditya Permana, salah satu santri yang telah menghafal 9 Juz menyatakan pesan dan kesannya nya tentang proses magang, “Alhamdulillah saya mendapatkan banyak ilmu yang berkaitan dengan pertanian. Semoga ilmu yang didapatkan dapat disebarluaskan kembali. Terimakasih kepada Laznas BSMU dan donatur yang telah memfasilitasi santri agar dapat mengembangkan diri untuk bisa menjadi wirausaha petani dan hafidz yang tidak ketinggalan jaman.”

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search