Yuk Kenalan Lebih Dekat Dengan Laznas BSMU

Setelah sebelumnya kita membahas mengenai sejarah singkat Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU), kali ini kita akan membahas menangani apa saja bidang kerjanya. Bagi yang baru mengenal mungkin masih belum banyak tahu apa saja sebenarnya yang dilakukan oleh Laznas BSMU.

Sebagaimana Anggaran Dasar Yayasan, LAZNAS BSMU bergerak dan bekerja dalam bidang sosial keagamaan dan kemanusiaan melalui kegiatan antara lain:

  1. Menghimpun dana berupa zakat, infaq, shadaqah dan menyalurkannya kepada orang/badan yang berhak menerima zakat, infaq dan shadaqah tersebut, termasuk memberikan bantuan permodalan kepada anggota masyarakat yang membutuhkannya.
  2. Memberikan beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi yang kurang mampu.

Baca juga : Sejarah Singkat Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat

  1. Mendirikan dan menyelenggarakan kegiatan dalam bidang kesehatan pada umumnya dan laboratorium, seperti pemeriksaan kesehatan gratis, membantu biaya pengobatan bagi yang tidak mampu.
  2. Mendirikan dan menyelenggarakan kegiatan dalam bidang sosial kemanusiaan, antara lain panti asuhan untuk anak yatim dan anak-anak terlantar, panti jompo, panti cacat, panti rehabilitasi kesehatan, ketergantungan obat dan narkotika.
  3. Memberikan informasi kepada masyarakat dengan cara memberikan penyuluhan, ceramah, seminar, pelatihan-pelatihan antara lain pelatihan pertanian, peternakan dan agrobisnis, menerbitkan buku-buku, majalah, buletin serta brosur-brosur mengenai zakat, infaq dan shadaqah.
  4. Menjalin kerjasama antara badan-badan dan lembaga-lembaga baik pemerintah maupun swasta yang dapat mendukung kegiatan yayasan.
  5. Membantu pemerintah dalam meningkatkan pelayanan bimbingan haji dan umrah.

Baca juga : BSI bersama BSMU menyalurkan dana ke UNHCR

Dalam pengelolaan dan penyaluran dana ZIS dan dana sosial, LAZNAS BSMU merumuskan 3 (tiga) program unggulan berupa Mitra Umat, Didik Umat dan Simpati Umat. Tiga pilar program tersebut diaplikasikan melalui beberapa program kegiatan diantaranya, unggulan desa Bina Sejahtera Mandiri, Islamic Sociopreneur Development program (ISDP), Sahabat Pelajar Indonesia (SPI), BSMU Care, dan Bank Wakaf Mikro.

Bersinergi dengan seluruh komponen umat islam menghadirkan kebermanfaatan yang lebih luas. Sehingga semakin banyak orang yang tidak mampu dapat dibantu. Merubah seorang mustahik menjadi muzakki menjadi permasalahan yang hanya bisa diatasi dengan bersama.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search