Sejarah Singkat Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat

Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Bangun Sejahtera Mitra Umat (Laznas BSMU) hadir untuk turut andil dalam peningkatan kesejahteraan dan kemashalahatan umat. Bersama seluruh komponen umat islam berkomitmen untuk berperan aktif dalam mewujudkan kemandirian ekonomi umat.

Didirikan pada tahun tanggal 21 November 2001 berdasarkan Akta Notaris Agus Madjid, S.H. No. 85 dan mendapatkan SK Kemenag sebagai Lembaga Zakat pada 17 September 2002. Akta Notaris Syaifuddin Zuhri, S.H., M.Kn No. 01 tanggal 4 Januari 2012 yang telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia nomor AHU-1889.AH.01.04.Tahun 2012. Anggaran dasar Yayasan telah mengalami beberapa kali perubahan, terakhir dengan Akta No. 11 tanggal 28 Mei 2019, yang dibuat dihadapan Notaris Niniek Rustinawati, S.H., M.Kn, Notaris di Jakarta, tentang perubahan Dewan Pembina, Dewan Pengurus, dan Dewan Pengawas. Perubahan ini telah disetujui oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Surat Keputusan No. AHU[1]AH.01.06-0013708 tanggal 21 Juni 2019.

Laznas BSMU bersinergi dengan berbagai pihak terkhusus PT Bank Syariah Mandiri yang pada tanggal 1 Februari 2021 telah bertransformasi menjadi Bank Syariah Indonesia. Melaksanakan berbagai program “Kemaslahatan” yang memberikan manfaat kepada seluruh warga Indonesia melalui 8 unit respresentatif yang berada di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Palembang, Medan, Banjarmasin dan Makassar.

Program unggulan yang dimiliki

Sejak tahun 2001, Laznas BSMU memiliki 3 (tiga) program unggulan yaitu Mitra Umat, Didik Umat dan BSMU Care. Menghadirkan program-program sosial dengan fokus garapan pada pemberdayaan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup. Program Mitra Umat menekankan pada gerakan pemberdayaan potensi ekonomi masyarakat dan kemitraan dengan bantuan dana modal usaha bergulir, pelatihan dan pendampingan usaha kecil.

Program Didik Umat tertuju pada peningkatan kualitas pendidikan masyarakat dengan pemberian bantuan pendidikan (beasiswa) dan sarana prasarana belajar. Program BSMU Care fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan bantuan kesehatan dan bantuan kebencanaan dan lingkungan hidup. Disamping itu, Laznas BSM Umat turut serta mengembangkan program pemberdayaan ekonomi di lingkungan pesantren melalui program Lembaga keuangan Mikro Syariah (LKMS) – Bank Wakaf Mikro (BWM).

Tahun 2020 yang merupakan awal pandemi, Laznas BSMU turut secara aktif dalam upaya pencegahan dan penanggulangan virus corona. Pada awal penyebarannya dilakukan pembagian masker dan hadsanitizer kepada masyarakt secara cuma-cuma dan juga turut membantu tenaga kesehatan dalam penyediaan APD (Alat pelindung Diri) lengkap. Hingga saat ini masih terus melaksanakan program Covid berupa bantuan sembako kepada warga yang terdampak Covid, sembako komplit untuk orang yang isoman, pemberian tabung oksigen untuk rumasah sakit/lembaga dan turut serta dalam mensukseskan program vaksinasi di daerah Pemerintah Kota Jakarta Pusat.

Berbagai program tersebut di atas, diharapkan mampu menebar kemaslahatan bagi umat Islam dan sebagai bakti kepada bangsa dan negara tercinta

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search