Tips Dan Trik Sukses Ekspor Produk Pertanian.

Indonesia memiliki potensi sumber alam yang sangat besar. Mengolah sumber daya tersebut menjadi sebuah potensi ekonomi yang sangat besar membutuhkan ilmu yang dibutuhkan. Ekspor menjadi salah satu jalan untuk memperkenalkan kekayaan alam Indonesia sekaligus membangkitkan ekonomi dalam sektor pertanian.

Bagi seorang pemilik bisnis, perkembangan bisnis merupakan sebuah hal yang sangat diinginkan. Pemasaran yang semakin luas membuat usaha semakin berkembang. Go Internasional bisa menjadi salah satu cara untuk dalam mengembangkan bisnis.

Menjawab tantangan tersebut Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) dalam Program Likes Talk mengajak para pemuda untuk berdiskusi mengenai literasi ekonomi dan keuangan syariah yang dapat membawa kebangkitan dalam perekonomian. Pada Ahad, 29 Agustus 2021 telah diselenggarakan Likes Talk dilakukan dengan cara webinar melalui zoom dan live melalui chanel youtube Laznas BSMU. Tema yang diangkat kali ini adalah “Tips & Tricks, Sukses Ekspor Produk Pertanian”

Narasumber pertama adalah Budi Susilo Setiawan, S. Pt – Owner MT Farm dan Alumni Fakultas peternakan IPB dan sebagai narasumber kedua adalah Benny Akbar Kurniawan, S. Pt – Founder Sugeng Jaya Farm, alumni Fakultas peternakan IPB, & Alumni Program ISDP IPB. Webinar di moderator oleh Kresna Bhayu Adelta – Direktur PT. Semesta Inovasi Nusantara dan Cofounder @ipb_esport.

Baca juga: Profil Awardee ISDP 2021

Kesimpulan materi dari yang disampaikan oleh Budi Susilo Setiawan adalah, kita tidak perlu ragu dalam memulai usaha. Wujudkan mimpi kita dengan memilih produk yang tepat untuk dikembangkan. Jika ingin serius dalam berbisnis juga harus mengurus semua ijin-ijin yang berkaitan dengan produk tersebut. Memasarkan produk pertanian memiliki tantangan tersendiri salah satunya adalah dengan memutus mata rantai distribusinya sehingga harga produk dapat bersaing. Dalam hal pengemasan juga memiliki cara yang khusus agar produk sampai ke tangan konsumen tetap terjamin kualitasnya. Produk rendang yang kami kembangkan sekarang menjadi salah satu produk unggulan saat ini.

Sedangkan Benny Akbar menyampaikan bahwa dalam menjalankan bisnis pertama kali yang harus dilakukan adalah mempersiapkan super tim yang tepat. Dengan memiliki super tim akan mudah menghadapi permasalahan yang datang. Berdasarkan pengalaman dalam PT Sugeng Jaya Group agar dapat bertahan dalam bisnis adalah terus belajar dan terus berinovasi. Produk Sugeng Jaya memulai ekspor berasal dari relasi dan juga melalui media sosial. Alhamdulillah, Produk ulat hongkong mendapat sambutan yang baik dari masyarakat.

Jangan pernah menyerah dalam menjalankan usaha. Lakukan segala sesuatu dengan passion agar hasil yang didaptkan maksimal. Hal yang paling penting adalah libatkan Allah dalam segala proses yang dilalui. Mendapatkan keridhoan orangtua dalam berbisnis juga merupakan salah satu kunci untuk mencapai kesuksesan. Simak informasi lebih dalam melalui channel Youtube Laznas BSMU.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search