Hebat, Indonesia Jadi Negara Paling Dermawan Di Dunia

Charities Aid Foundation (CAF) menobatkan Indonesia sebagai negara paling dermawan pada 2020. Berdasarkan World Giving Index 2021 yang disusun CAV, Indonesia memiliki skor 69%, naik dibandingkan pada 2019 yang sebesar 59%.

Dalam laporan WGI, Indonesia memiliki skor tertinggi lantaran orang yang berdonasi di tanah air mencapai 83% pada tahun lalu. Jumlah masyarakat yang menjadi sukarelawan pun mencapai 60%, lebih tinggi dibandingkan rata-rata global.

Selain Indonesia yang bertahan di posisi teratas, daftar ini mengalami perubahan signifikan imbas pandemi Covid-19. Sebagai contoh, Amerika Serikat Amerika Serikat yang biasanya berada di posisi lima besar turun ke peringkat 19.

Baca juga: Bantuan 2.000 Paket Sembako untuk Marbot Masjid

Negara-negara yang kemudian mengisi daftar 10 besar pada 2021, antara lain Kenya (58%), Nigeria (52%), Myanmar (51%), dan Australia (49%). Kemudian, Ghana (47%), Slandia Baru (47), Uganda (46%), Kosovo (46%), dan Thailand (46%).

Sedangkan, sejumlah negara memiliki skor yang rendah dalam indeks kedermawanan ini. Mereka adalah Jepang (12%), Portugal (20%), Belgia (21%), Italia (22%), dan Korea Selatan (22%). (sumber: Katadata.co.id)

Indonesia sebagai negara yang mayoritasnya penduduknya beragama islam memberi andil yang besar atas naiknya index kedermawanan. Hal ini karena semakin banyak peduli dan bergotong royong dalam menghadapi pandemi. Karena dalam islam mengajarkan memberi kepada orang lain yang sedang mengalami kesulitan disaat diri sendiri kesulitan adalah perbuatan mulia.

Baca juga : Bantuan Sembako Untuk Isoman Covid-19

Pandemi juga telah mengajarkan bangsa Indonesia akan pentingnya arti sebuah kehidupan. Sehingga memanfaatkan hidup dengan bersedekah dan menunaikan zakat menjadi sebuah kebutuhan.

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) yang menghimpun dana-dana ZISWAF dari masyarakat turut menfasilitasi melalui program-program COVID-19. Berberapa program diantaranya, bantuan makanan siap santap, sembako untuk Isoman dan warga yang terdampak, memberikan bantuan tabung-tabung oksigen kepada rumah sakit dan peminjaman tabung untuk individu. Selain itu juga turut serta dalam menyukseskan program vaksinasi yang sedang digalakkan oleh pemerintah dan masih banyak bantuan lainnya yang telah diberikan dari awal pandemi hingga saat ini.

Baca juga : Beras Untuk Warga Terdampak Covid-19

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search