7 Manfaat Penting Bersyukur Yang Jarang Orang Tahu

Bersyukur sangat banyak memberi manfaat dalam kehidupan. Seorang psikolog, Aliffia Ananta memaparkan bahwa bersyukur akan membuat kita sangat dekat dengan kehidupan seseorang. Agama islam selalu menganjuran umatnya untuk senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan.

Dalam kehidupan, ada banyak hal yang bisa kita syukuri, antara lain adalah rumah sebagai tempat tinggal, teman yang dimiliki, makanan yang dimakan, kesehatan, pekerjaan, bisa bertemu orang lain, dapat menghirup udara dengan bebas dan lain sebagainya bisa kita syukuri.

Berikut ini ada 7 manfaat bersyukur untuk meningkatkan kesehatan tubuh yang jarang diketahui orang, dilansir dari merdeka.com.

Terdapat manfaat yang sangat luar biasa apabila kita dapt menjadi manusia yang selalu bersyukur atas pemberian dan nikmat yang diberikan oleh Allah. Tidak hanya berefek terhadap kesehatan mental, bersyukur juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya:

  1. Meningkatkan Interaksi Sosial

Manfaat bersyukur yang pertama adalah dapat tingkatkan interaksi sosial Anda. Sebuah studi yang dipublikasikan Emotion mengatakan bahwa ucapan terima kasih dengan sikap yang baik serta menunjukkan apresiasi dapat membantu Anda mendapatkan teman baru. Kehidupan interaksi sosial yang meningkat akan berakibat positif untul tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan fisik

Manfaat bersyukur yang selanjutnya adalah dapat bantu meningkatkan kesehatan fisik. Studi tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Personality and Individual differences menunjukkan bahwa seseorang dengan rasa bersyukur mengalami sakit lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak.

  1. Meningkatkan Kesehatan Psikologis

Manfaat bersyukur yang selanjutnya adalah dapat bantu meningkatkan kesehatan psikologis. Rasa bersyukur menghilangkan beberapa emosi buruk dari iri dan marah hingga frustasi dan penyesalan. Rasa beryukur juga dapat meningkatkan kebahagian dan menurunkan depresi secara efektif.

  1. Meningkatkan Empati dan Penurunan Agresi

Manfaat bersyukur yang selanjutnya adalah dapat bantu tingkatkan empati dan penurunan agresi. Studi dari Universitas Kentucky pada tahun 2012 mengatakan bahwa orang dengan rasa bersyukur biasanya akan memiliki perilaku sosial yang baik. Bahkan, ketika mendapatkan timbal balik perilaku tidak baik dari orang lain.

  1. Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat selalu bersyukur yang selanjutnya adalah dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Mulailah untuk menuliskan rasa beryukur dalam jurnal, maka akan dapat meningkatkan kualitas tidur.

  1. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat bersyukur untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat bantu tingkatkan rasa percaya diri. Studi yang ada dalam Journal of Applied Sport Psychology tahun 2014 menemukan bahwa rasa bersyukur meningkatkan kepercayaan diri para atlit yang merupakan komponen penting untuk performa yang baik.

  1. Meningkatkan Kekuatan Mental

Manfaat bersyukur untuk tingkatkan kesehatan tubuh yang berikutnya adalah dapat bantu tingkatkan kekuatan mental. Studi yang pernah dilakukan pada tahun 2006 dalam Behavior Research and Therapy menemukan bahwa veteran perang Vietnam dengan tingkat rasa beryukur yang tinggi memiliki kemungkinan mengalami gangguan stress paska trauma lebih kecil.

Setiap orang memiliki kemampuan dan kesempatan untuk menerapkan rasa bersyukur. Bersyukur dapat diterapkan dalam hati, lisan dan juga perbuatan. Melalui hati yaitu dengan merasa cukup dengan apa yang dimiliki. Lisan yang bersyukur adalah senantiasa berdzikir dengan mengingat Allah. Melalui perbuatan, bersyukur adalah melakukan kebaikan-kebaikan salah satunya dengan memberikan sebagain harta kepada orang yang membutuhkan.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search