Sahabat Pelajar Indonesia ‘Road To State’

Pendidikan adalah hal yang penting bagi kehidupan. Pendidikan dapat merubah taraf hidup seseorang. Dahulu orang cukup sekolah hingga ke SMU. Namun sekarang lulus menjadi sarjana S1 menjadi keharusan untuk sebagian besar di masyarakat kita. Melanjutkan kuliah bukanlah monopoli untuk orang yang memiliki harta, setiap orang berhak dan bisa untuk kuliah. Yang perlu dipersiapkan adalah mental untuk suskes dalam menjalankan pendidikan.

Sumber data dari BPS 2020, dari 270 juta penduduk hanya 25,5% angka partisipasi kuliah di perguruan tinggi di Indonesia.

Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) bermaksud untuk merubah mustahik menjadi Muzakki melalui program Sahabat Pelajar Indonesia (SPI). Melalui beasiswa yang diberikan kepada pelajar SMP/SMA. Untuk mempersiapkan penerima beasiswa menuju jenjang kuliah, pada Sabtu 28 Agustus 2021 dilaksanakan webinar Road To State, dengan tema ‘Persiapan PTN Sejak Dini’. Kegiatan ini dihadiri oleh 204 penerima beasiswa diruang zoom, dan bagi peserta yang berhalangan dapat mengikuto kebali melalui channel Youtube Laznas BSM Umat.

Narasumber yang mengisi acara kali ini adalah Musril Aslin, seorang profesional dibidang pendidikan dari Nurul Fikri. Selain menghadirkan pengisi acara juga dihadirkan 2 orang peseta SPI yang telah berhasil masuk keperguruan tinggi yaitu Yusnavita dan Miranda. Kegiatan ini didesain berupa sharing dan motivasi untuk para peserta SPI yang berasal dari penjuru daerah di Indonesia, tidak hanya berada di kota besar.

Fauzi Indrianto selaku Direktur Implementasi Program berpesan, “tetap semangat dalam menuntut ilmu, Laznas BSMU akan terus support untuk yang akan diterima di PTN. Jangan lupakan Allah dalam setiap tindakan yang akan kita lakukan”.

Beberapa pembelajaran yang didapat dari webinar adalah, dalam mencapai tujuan yang diinginkan kita harus mau untuk berjuang dan tidak mengenal mengeluh dengan kekurangan yang dimiliki. Kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) akan membuka banyak kesempatan lebih baik dimasa yang akan datang.  Kuliah di PTN juga berarti membuka kesempatan yang luas untuk mendapatkan beasiswa dari berbagai lembaga.

Menurut Musril dikutip dari Nasir saat Webinar Kompas Talks with Universitas Terbuka (UT), “Masalah di Indonesia itu rakyat yang ikut pendidikan tinggi baru 34,58% ini menyedihkan betul. Sementara negara tetangga kita Malaysia itu sudah dekat 50%, singapura 78 kalau kita berbicara Korea Selatan sudah mencapai 98% hampir seluruh rakyatnya usia 18-23 tahun itu sudah mengenyam pendidikan tinggi,”

Yusnavita sebagai salah satu alumni SPI menyatakan, “Sangat bersyukur dapat dipertemukan dengan Sahabat Pelajar Indonesia Laznas BSMU, karena dia saat banyak orang yang mencibir cita-citanya, kini saya sedang berjalan kea rah cita-cita tersebut.”

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Road to Staste Sahabat Pelajar Indonesia dapat di lihat melalui Channel Youtube Laznas BSM

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search