NGOPI : Cara Mendesain Masa Depan Sesuai Dengan Keinginan

Menjadi sukses di masa yang akan datang dibutuhkan persiapan, salah satunya adalah dengan mendesain hidup sedini mungkin. Usia pelajar adalah waktu yang paling tepat untuk memulai mendesain kehidupan, agar hidup lebih terarah dan kesuksesan mudah untuk diraih. Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) melalui program Sahabat Pelajar Indonesia (SPI) menginginkan penerima beasiswa menjadi manusia yang bermanfaat bagi agama, kedua orangtua dan bangsanya.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Ahad, 29 Agustus 2021 diadakan NGOPI (Ngobrol Pelajar Inspiratif) dengan tema ‘Desain Your Life.’ Dihadiri oleh 504 penerima beasiswa SPI dari seluruh Indonesia. Acara masih terus dapat disaksikan oleh para pelajar karena Live melalui Youtube Channel Laznas BSMU.  Narasumber yang mengisi kali ini adalah Nurfahmi Islami Kaffa, seorang trainer yang memiliki banyak prestasi.

Fauzi Indiranto selaku Direktur Program memberikan pesan, “Jika ingin sukses maka pertama kali yang perlu dilakukan adalah mencari keridhoan orangtua. Dengan ridho orangtua maka Allahpun akan ridho kepada kita dan memberi kelancaran terhadap cita-cita kita. Diharapkan, selain peserta SPI memiliki akademis yang bagus, juga memiliki akidah yang baik (bisa baca al quran) dan akhlak yang terpuji. Semoga setelah mencapai kesuksesan tetap menjadi manusia yang rendah hati dan selalu ingat kepada Allah SWT.”

Baca juga : Ngopi: Merasa Insecure? BTS-in Aja

Dalam acara Ngopi tersebut dikatakan bahwa diantara tanda-tanda kekuasaan Allah adalah dengan diciptakannya waktu. Siapa yang dapat memaknai waktu dengan memaksimalkannya dan tidak melewatkannya begitu saja akan mendapatkan banyak manfaat. Perhatian yang cukup besar terhadap waktu terlihat dengan diturunkannya surat Al ‘Ashr dan Ad Dhuha. Ditambah dengan memperbanyak ibadah di waktu malam merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kunci sukses di dunia.

Waktu luang yang tidak dimanfaatkan untuk kebaikan maka akan membuang waktu dengan percuma. Kita harus bisa mendesain hidup sedini mungkin misalkan dengan menuliskan semua mimpi-mimpi yang ingin diraih. Dengan menuliskannya maka mimpi tersebut akan mudah untuk direalisasikan daripada hanya sekedar keinginan.

Bagaimana kita bisa mendesain daily activity, yang benar? Contoh seperti Ibnu Aqil Al Hambali beliau adalah sosok ulama yang sangat mencintai ilmu mengatakan bahwa, tidak halal bagiku menyia-nyiakan sesaat saja dari umurku, lisanku telah membaca dan berdiskusi dan mataku membaca dan menuangkan pikiranku dalam ide-ide yang sangat banyak kemudia ide tersebut di tuangkan dalam tulisan. Aku dapati kesungguhanku dalam belajar lebih kuat saat aku berusia 80 tahun dibadingkan usia 20 tahun.

Usia muda adalah usia banyak godaan dalam belajar tapi siapa yang bisa menyikapinya akan mendapatkan masa depan yang cemerlang. Pemuda tidak boleh lalai dalam merencanakan kehidupan. Karena sebuah prestasi di dunia dapat mengahntarkan kepada posisi yang terbaik di akhirat. Kunci sukses seorang pemimpin adalah ia mampu memimpin dirinya sendiri, mampu berperan serta dalam kehidupan keluarga dan juga sosial.

Masih banyak insight mengenai mendesain kehidupan. Saksikan lebih lanjut di channel youtube Laznas BSMU.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search