Mengenal Vaksin Moderna Lebih Dalam

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI kini mengizinkan pemberian  vaksin moderna kepada masyarakat umum di seluruh Indonesia. Vaksin jenis ini juga disebut memiliki efikasi tinggi. Seperti apa faktanya?

Vaksin Moderna sebelumnya hanya diberikan sebagai suntikan booster untuk tenaga kesehatan (nakes). Suntikan booster merupakan suntikan dosis ketiga. Kini, vaksin Moderna sudah boleh diberikan kepada masyarakat non nakes untuk dosis 1 dan 2.

“Ya, ke masyarakat umum (pemberian vaksin Moderna). Tidak ada kelompok khusus sementara ini,” terang juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi pada detikcom, Selasa (10/8/2021) lalu.

Baca juga : Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksin

Tempat Produksi

Vaksin Moderna merupakan vaksin buatan Amerika Serikat (AS). Vaksin ini memiliki nama resmi mRNA-1273. Dibuat oleh perusahaan bioteknologi Moderna asal Cambridge, Massachusetts.

Dilansir dari detikHealth, pengembangan mRNA-1273 dibantu oleh National Institute of Allergy and Infectious Disease. Bantuan produksi ditopang oleh Biomedical Advance Research and Development Authority (BARDA), AS.

Sama seperti Pfizer, Moderna menggunakan platform messenger RNA (mRNA). Teknologi ini terbilang baru, belum pernah dipakai pada vaksin apapun sebelumnya.

Tiba Di Indonesia

Vaksin Moderna pertama kali tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu (11/7/2021). Sebanyak 3.000.060 dosis vaksin Moderna produksi Negeri Paman Sam siap untuk didistribusikan kepada kelompok rentan di Indonesia.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pengiriman vaksin Moderna merupakan hasil hubungan kerjasama internasional dari pemerintah AS melalui jalur multilateral COVAX Facility.

“Ini merupakan pengiriman tahap pertama vaksin modern dari pemerintah Amerika Serikat. Vaksin Moderna yang berbasis MRNA ini telah mendapatkan Emergency Use Autorization dari Badan POM pada 2 Juli 2021,” kata Retno Marsudi dalam konferensi virtual, Minggu (11/7), seperti dilansir dari laman Kemenkes.

Tingkat Efikasi

Berdasarkan ujiklinisnya,Moderna disebut memiliki tingkatefikasi hingga 94,1 persen, dalam waktu minimal 14 hari setelah penyuntikan dosis ke-2. Angka ini sudah dilaporkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Baca juga : Perbedaan Vaksin Sinovac dan AstraZeneca

Efek Samping

Efek samping vaksin Moderna di Indonesia masih dikategorikan ringan. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan, menurut laporan dari nakes yang mendapatkan booster, efek yang ditimbulkan dapat sembuh dalam waktu 1-3 hari.

“Ada (laporan efek samping vaksin Moderna pada nakes), tetapi sifatnya ringan dan dalam 1-3 hari sembuh. Seperti demam, nyeri kepala. Terbanyak pegal dan sakit di tempat penyuntikan,” terang dr Nadia, seperti dilansir dari detikHealth.

Dilansir dari FDA, berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan pasca penggunaan vaksin Moderna:

-Nyeri di tempat suntikan
-Kelelahan
-Sakit kepala
-Nyeri otot
-Menggigil
-Nyeri sendi
-Pembengkakan kelenjar getah bening di lengan yang sama dengan injeksi
-Mual dan muntah
-Demam

FDA juga melaporkan, efek samping lebih banyak dialami pada penerima dosis kedua daripada setelah dosis pertama.

Apa yang harus dilakukan sebelum menerima vaksin Moderna?

FDA menegaskan, penerima vaksin harus memberitahukan kepada tenaga vaksinasi tentang kondisi kesehatan diri sendiri. Termasuk jika memiliki riwayat kesehatan berikut ini:

-Memiliki alergi
-Pernah mengalami miokarditis (radang otot jantung) atau perikarditis (radang
lapisan di luar jantung)
-Sedang demam
-Mengalami gangguan pendarahan atau sedang menjalani pengencer darah
-Immunocompromised atau sedang menjalani pengobatan yang mempengaruhi sistem kekebalan Anda
-Sedang hamil atau berencana untuk hamil
-Sedang menyusui
-Telah menerima vaksin COVID-19 lainnya

Sumber : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5696856/dear-pelajar-mari-mengenal-vaksin-moderna-produksi-hingga-efek-sampingnya

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search