Mengenal Rumah Tahfidz Qur’an Laznas BSMU di Parung Bogor

Al quran memiliki kedudukan yang amat penting bagi umat islam. Karena itu, bagi yang rajin membaca dan menghafalnya menjadi begitu dimuliakan Allah SWT. Wakaf BSM Umat turut andil mendidik generasi muda untuk menjadi generasi Hafidz Qur’an.

Dengan tujuan yang mulia tersebut maka diperlukan pengelolaan Rumah Tahfidz dengan cara yang terbaik. Salah satu program yang telah dilakukan adalah Rumah Tahfidz Quran di Parung Bogor.

Tujuan dari program:

  1. Mencetak generasi yang hafal dan memahami Al-Qur’an, serta memiliki akhlaq yang mulia
  2. Melahirkan santri yang memiliki kemampuan dan karakter serta life skill.

Kurikulum pendidikan yang diterapkan terdiri dari : Al-Qur’an Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Dirasah Islamiyah, Leadership dan Life Skill.

Rumah Tahfidz ini berdiri di tanah seluas 6.800m2 dengan fasilitas yang disediakan berupa rumah belajar, rumah ustadz, rumah singgah, musholla, tempat wudhu, saung dan taman, area kebun, dan lapangan badminton.

Santri yang mondok dari berbagai daerah dengan total keseluruhan ada 17 orang yang berasal dari berbagai penjuru seperti  Medan, Kendari, Mandailing Natal, Padang Sidempuan, Lampung, Banten, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Donorejo, Jepara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara.

Santri yang belajar tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis karena santri yang belajar disini terlebih dahulu akan diseleksi. Santri harus merupakan satu asnaf dalam zakat. Selama pandemi para santri tidak diijinkan untuk keluar pondok dan saat ini telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

Selain rumah tahfidz di Parung Bogor, Laznas BSMU juga memiliki rumah tahfidz di Cimahi Bandung dan Rumah Belajar Quran di Tangerang. Berbeda dengan rumah tahfidz, rumah belajar Qur’an santrinya tidak bermukim karena santrinya merupakan warga sekitar. Semoga dengan semakin banyak rumah Qur’an, akan semakin banyak pula menghasilkan generasi yang qurani tidak hanya dapat menghafal quran tapi dapat menerapkan nilai-nilai Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Sungguh sangat beruntung bagi orang yang bisa membantu dalam operasional  penyelenggaraan rumah tahfidz karena insya Allah pahalanya terus mengalir karena setiap harta yang diberikan berubah menjadi tenaga dan ilmu yang akan diserap oleh para santri penghafal quran.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search