Perjuangan Para Nabi Yang Terjadi di Bulan Muharram

Muharam adalah bulan istimewa dalam kalender Islam. Di bulan ini juga, terdapat anjuran untuk puasa Tasu’a dan Asyura, serta memperbanyak amal baik dan menghindari perbuatan dosa.

Selain menjadi awal tahun baru di kalender hijriah, banyak kejadian penting terjadi pada bulan Muharram. Salah satunya, pada Muharam inilah mula-mula Nabi Muhammad SAW berniat dan bermaksud untuk melakukan hijrah dari Mekkah ke Madinah.

Hijrah merupakan awal berdirinya masyarakat Islam yang mandiri dan berdaulat di kota Madinah. Berdasarkan sejarah tersebut, Muharam dijadikan bulan pertama dalam penanggalan hijriah yang digunakan dalam Islam.

Kejadian-kejadian istimewa dan bersejarah dalam Islam ini yang juga merupakan perjuangan para nabi terdahulu ialah sebagai berikut:

  1. Pada bulan Muharam, taubat Nabi Adam AS diterima oleh Allah SWT. Nabi Adam diturunkan Allah SWT ke bumi karena telah memakan buah Khaldi.

Turunnya Nabi Adam ke bumi membuat Nabi Adam bertaubat kepada Allah SWT atas kesalahan yang dilakukannya. Saat bertepatan tanggal 10 Muharram taubat Nabi Adam diterima oleh Allah SWT.

  1. Berlabuhnya kapal Nabi Nuh di bukit Zuhdi dengan selamat juga terjadi di Muharam, yakni usai dunia dilanda banjir yang menghanyutkan dan membinasakan sebagian besar manusia di Bumi.

10 Muharram merupakan waktu dimana kapal Nabi Nuh berlabuh di bukit Zuhdi. Setelah beberapa waktu kapal Nabi Nuh terombang-ambing di tengah banjir. Banjir tersebut diturunkan oleh Allah SWT karena ingin memusnahkan kaum Nabi Nuh yang durhaka.

  1. Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa Namrud terjadi di Muharam. Siksa itu berupa nyala api, yang ternyata tidak membakar Nabi Ibrahim. Nabi Ibrahim kala itu telah menghancurkan banyak berhala menggunakan kapak. Hal tersebut membuat Raja Namrud marah dan menghukum Nabi Ibrahim dengan dibakar oleh api.

Atas kesabaran dan kerelaan Nabi Ibrahim, Allah akhirnya memberikan mukjizat kepada Nabi Ibrahim yang tak bisa terbakar oleh api. Nabi Ibrahim pun selamat dari siksanya Raja Namrud saat bertepatan pada 10 Muharram.

4. Pada bulan Muharam juga, Nabi Yusuf AS dibebaskan dari penjara kerajaan Mesir. Sebelumnya, Nabi Yusuf AS dipenjara karena fitnah yang menimpanya. Nabi Yusuf difitnah karena akan melakukan hal tercela kepada Dzulaikha. Namun kenyataannya, Dzulaikha lah yang menggoda Nabi Yusuf. Hal tersebut membuat Nabi Yusuf harus dipenjara. Setelah itu, kebenaran pun terungkap jika Nabi Yusuf tidak bersalah dan akhirnya dibebaskan.

5. Peristiwa Nabi Yunus AS selamat dan keluar dari perut ikan besar yang menelannya pun terjadi di bulan Muharam. Nabi Yunus beserta kaumnya menaiki sebuah kapal namun kapal tersebut kelebihan beban. Yang akhirnya Nabi Yunus lompat ke laut dan dimakan oleh ikan paus.

Selama berada di perut ikan paus, Nabi Yunus berdoa kepada Allah SWT dengan kesungguhan hati. Allah SWT mendengar doa Nabi Yunus dan akhirnya Nabi Yunus dikeluarkan oleh Allah SWT dari perut ikan pada 10 Muharram.

6. Nabi Ayyub AS disembuhkan Allah dari penyakitnya juga pada bulan Muharam. Nabi Ayyub diberikan ujian oleh Allah berupa kemiskinan dan penyakit kulit yang dideritanya.

Nabi Ayyub sangat sabar menjalani ujiannya itu. Sehingga Allah SWT pun menyembuhkan Nabi Ayyub dari penyakit kulitnya bertepatan tanggal 10 Muharram.

7. Pada bulan Muharam, Nabi Musa AS dan umatnya, kaum Bani Israil, selamat dari pengejaran Fir’aun di Laut Merah. Nabi Musa beserta kaum Bani Israil pergi untuk menyelamatkan diri dari kejaran pasukan Fir’aun. Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Musa dengan tongkatnya yang bisa membelah lautan.

Akhirnya Nabi Musa beserta kaumnya bisa menyebrangi lautan dengan selamat. Pasukan Fir’aun yang mengikutinya ternyata tenggelam di Laut Merah. Maka pada 10 Muharram menjadi peristiwa selamatnya Nabi Musa dari kejaran Fir’aun. Nabi Musa dan ratusan ribu umatnya akhirnya selamat memasuki gurun Sinai untuk kembali ke tanah leluhur mereka.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search