Tips Meningkatkan Saturasi Oksigen

Mengecek kadar oksigen dalam tubuh terutama bagi pasien isolasi mandiri dirumah harus dilakukan secara berkala. Alat yang bernama alat puls oximeter.  Pengukuran saturasi oksigen untuk mengetahui kondisi saturasi, sehingga apabila saturasi rendah bisa segera melakukan tindakan.

Level Saturasi Oksigen

95 – 100        Dalam kondisi baik

93-94             Perlu berbaring untuk meningkatkan kadar oksigen

< 92                Perlu ke RS untuk mendapatkan perawatan dokter

< 80                Perlu menggunakan ventilator

Pada saat mengetahui kondisi saturagi dalam tubuh menurun, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah jangan panik. Cara sederhana yang bisa dilakukan saat pasien isolasi mendiri di rumah adalah menggunakan teknik proning.

Adapun teknik pernapasan ini, pasien harus dalam posisi berbaring tengkurap untuk membantu meningkatkan saturasi oksigen, posisinya sebagai berikut:

  1. Posisi pertama: Gunakan alas dan bantal dibawah leher, pinggul dan kaki. Berbaring di atas perut dalam 30 menit.
  2. Posisi Kedua: Gunakan alas dan bantal dibawah leher, pinggul dan dijepit kedua kaki. Berbaring ke sisi kanan dalam 30 menit.
  3. Posisi Ketiga: Gunakan penyangga bantal dengan posisi setengah duduk. Berbaring sambil duduk dalam 30 menit.

Lakukan teknik ini berulang kali. Upayakan selama melakukan teknik ini berada di ruangan dengan sirkulasi udara yang baik. Apabila setelah melakukan secara sering teknik ini namun belum bisa bisa meningkatkan saturasi oksigen, segera ke fasyankes terdekat untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Sumber : Kemenkes

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top