Cara Menghadapi Siaga 1 Bencana Covid-19

Indonesia saat ini sedang berada dalam kondisi siaga 1 Covid-19 gelombang kedua. Dalam rangka mendapatkan informasi yang tepat Laznas BSMU mendatangkan ahlinya yaitu Dewi Nur Aisyah, BSc. (Hons), MSc, DIC, PhD, Ketua Bidang Data & Teknologi Informasi Satgas Covid-19 Nasional.

Indonesia saat ini mengalami penambahan kasus tertinggi di dunia yaitu 56.757 kasus (16/7). Angka saat ini mengalami kenaikan pada puncak yang pertama yaitu di bulan Februari. Hal ini dikarenakan mobilisasi massa dan varian baru yang masuk ke Indonesia. Dampaknya adalah tingginya angka kematian, dengan angka kematian dibulan Juli sudah mencapai 11.701, yang biasanya sebulan hanya 7ribu ini baru ditengah bulan sudah mencapai angka tersebut. Angka kesembuhan yang ditetapkan oleh WHO adalah 5% sedangkan Indonesia belum pernah mencapainya.

PPKM darurat menjadi sebuah solusi bagi kondisi saat ini, walaupun bukan merupakan kondisi ideal bagi sebagian orang. Saat ini zona merah tidak hanya di pulau Jawa saja tetapi juga telah merabah ke pulau Sumatra dan Kalimantan. Untuk menanggulanginya dibutuhkan kepatuhan secara individu dan kepatuhan secara kolektif. Menjaga diri kita dan keluarga adalah tetap dengan menggunakan 3M.

Sesuai dengan penelitian Internasional bahwa penularan hanya dapat dilakukan dengan cara pencegahan.  Pencegahan yang paling efektif adalah jaga jarak, dengan jaga jarak 1 m maka akan mengurangi angka penularan sebanyak 85%. Kombinasi harus dilakukan agar dapat melakukan pencegahan secara  maksimal, tidak bisa dilakukan hanya salah satu dari 3M.

Pentingnya menjaga Iman (menjalankan ibadah sesuai dengan agama), Aman (memakai masker, menjaga jarak, hindari kerumunan dan mencuci tangan), Imun (olah raga teratur, istirahat cukup, tidak panik dan makanan bergizi).

Ada beberapa cara melindungi diri dan keluarga:

  1. Gunakan masker Double, dengan cara penggunaan masker medis didalam dan masker kain di luar
  2. Saat menerima pengantaran makanan jaga jarak dengan pengirim, disinfektan dan cuci tangan setelahnya
  3. Mandi setelah sampai rumah setelah bepergian
  4. Tetap menggunakan masker dan jaga jarak saat bertemu teman, saudara maupuntetangga
  5. Minum vitamin untuk meningkatkna daya tahan tubuh
  6. Tidak berkumpul pada kegiatan sosial (arisan, acara ulang tahun, pernikahan, dst)
  7. Saling mengingatkan kepatuhan protkes
  8. Jika muncul gejala, gunakan masker dan isoman hingga hasil tes keluar
  9. Lakukan vaksinasi 2 dosis

Seluruh upaya bersama untuk perlindungan maksimal adalah dengan melakukan pencegahan secara berlapir, yang merupakan kewajiban pribadi dan juga kewajiban bersama.


Donasi Covid

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top