Penyelenggaraan Penyembelihan Hewan Qurban di Laznas BSMU

Pemerintah telah menetapkan Idul Adha tahun ini jatuh pada tanggal 20 Juli 2021. Pandemi masih menyelimuti perayaan hari besar tersebut. Berdasarkan keputusan Menteri Agama dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 yang mengatur pencegahan penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan salat Idul Adha.

Dalam rangka penerapan peraturan tersebut Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU)  memulai penyelenggaraan qurban dari tanggal 11 Dzulhijjah atau 21 Juli 2021. Pelaksanaan dilakukan pada wilayah yang aman dan protokol kesehatan yang ketat. Seperti penggunaan double masker, sarung tangan dan tidak bergerombol di tempat pemotongan.

Salah satu keistimewaan dari qurban di Laznas BSMU adalah para pequrban (mudhohi) dapat menyaksikan secara langsung prosesi pemotongan hewan qurbannya. Sebagai ketentuan bagi yang membeli qurban batas akhir pada jum’at 16 Juli maka akan dapat menyaksikan hewan qurbannyanya tetapi jika lewat dari itu maka tidak bisa menyaksikan. Setiap mudhohi yang memenuhi syarat akan mendapatkan link live streaming H-1 dari hari raya Idul Adha.

Tanggal 21 Juli 2021/11 Dzulhijjah 1442H merupakan awal dari prosesi penyelenggaraan hewan qurban di Laznas BSMU. Acara diawali dengan sambutan dari Heri Gunardi, Direktur Utama Bank Syariah Indonesia dan Sukoriyanto Saputro selaku Direktur Eksekutif Laznas BSMU. Pada pembukaan live streaming juga diserahkan secara simbolis hewan qurban kepada Masjid BSI Cipularang, Masjid BSI Cipali dan Masjid BSI Bromo.

Titik pemotongan tahun 2021 sebanyak 10 daerah dengan 19 Kota/Kabupaten seluruh Indonesia jumlah ini hanya yang dilakukan oleh kantor pusat Laznas BSMU dan belum ditambah dengan titik potong yang berasal dari Unit respresentatif office.

Acara live streaming dimulai pada pukul 08.00 sampai selesai, yang akan dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut. Live streaming akan dipandu oleh influencer muda yaitu Umaru Takeda dan Salim Bahanan. Untuk menambah kekhusyu’an dari penyelenggaraan penyembelihan hewan qurban maka dibacakanlah surah Al Qur’an oleh Salim Bahanan. Penyelenggaraan penyembelihan hewan qurban di awali dari timur Indonesia yaitu Ambon, Maluku.

Muhsinin Ainil mewakili penerima hewan qurban dari Laznas BSMU menyatakan, “Semoga semua yang berqurban diberikan panjang umur, sehat dan rezeki yang banyak serta baroka. Terima kasih dari warga kaki Gunung Lawu, Magetan”.

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top