Yuk, Tunaikan Qurban

Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha akan tiba, yang artinya sama dengan sebentar lagi kita dianjurkan untuk berqurban. Berqurban sesungguhnya merupakan sebuah sarana dalam rangka mendekatkan diri (taqarrub) kepada Allah. Sesuai dengan asal katanya yaitu qariba-yaqrabu-qurbanan yang berarti dekat atau mendekatkan. Berqurban tidak hanya masalah harta, tetapi juga kemauan untuk memberikan yang terbaik untuk Allah.

Ibadah qurban dilakukan pada hari Idul Adha dan hari tasyrik, yakni 10, 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Dilaksanakan bagi orang yang tidak dapat menunaikan haji pada tahun tersebut. Anjuran berqurban dijelaskan dalam hadits riwayat Aisyah, Radhiyallahu Anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam. Bersabda:

“Tidak ada suatu amalan yang dikerjakan anak Adam (manusia) pada hari raya Idul Adha yang lebih dicintai oleh Allah dari menyembelih hewan. Karena hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kuku-kuku kakinya. Darah hewan itu akan sampai di sisi Allah sebelum menetes ke tanah. Karenanya, lapangkanlah jiwamu untuk melakukannya.” (Hadits Hasan, riwayat al-Tirmidzi: 1413 dan Ibn Majah: 3117).”

Tahun 2021 Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) mengusung program Qurban dengan tema “Qurban Hebat, Alirkan Kebaikan untuk Negeri” dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaan dan selain itu pequrban juga bisa menyaksikan secara langsung proses penyembelihan hewan qurban yang telah dibeli.

Lewat program ini, hewan qurban akan dibeli langsung dari mitra peternak binaan di desa, disembelih dan kemudian didistribusikan di desa yang membutuhkan di delapan titik seluruh Indonesia. Jadi di samping aspek ketauhidan terhadap Allah Ta’ala, program qurban dapat berdampak di berbagai sektor kehidupan, terutama ekonomi.

Daftar Harga hewan qurban Laznas BSMU:

  1. Domba Ekonomis (23 – 25kg) Rp 1.800.000
  2. Domba Medium (26 – 28kg) Rp 2.150.000
  3. Domba Premium (29 – 31kg) Rp 2.450.000
  4. Sapi Indonesia Timur (250 – 300kg) Rp 14.500.000
  5. Sapi Indonesia Barat (250 – 300kg) Rp 19.250.000

*Harga sudah termasuk jasa pemotongan, distribusi daging kepada mustahik, serta laporan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search