Bantuan untuk Korban Bencana Alam NTT

Angin kencang dan Hujan deras yang mengguyur selam kurang lebih 7 jam mengakibatkan robohnya banyak pohon, tiang listrik dan terbangnya atap bangunan. Curah hujan yang cukup tinggi menyebabkan air laut naik disertai lumpur. Bencana alam badai tropis siklon seroja terjadi pada Ahad 4 April 2021 pukul 21.30 – Senin, 5 April 2021 pukul 05.00 WITA di Kota dan Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Akibat bencana tersebut banyak rumah roboh, genangan lumpur dimana-mana dan masyarkat kesulitan mencari air bersih. Korban meninggal di Kupang mencapai 6 jiwa dengan warga yang terdampak sebanyak 743 KK/2.190. Bangunan yang rusak mencapai 657 unit, 10 diantaranya adalah RS. Menurut salah seorang tim lapangan Laznas BSMU kondisi dilapangan jauh lebih buruk.

Penyaluran bantuan yang diwakili oleh URO VI Surabaya dan bersinergi dengan BSI Region Office IX Surabaya dan BSI KC Kupang ini, langsung diserahkan kepada Posko Baobao (paket sembako untuk 100 Kepala Keluarga), Posko Airmata (bahan logistik untuk dapur umum) dan Posko BPBD (peralatan kebersihan dan bahan logistik).

Menurut laporan dari tim BSI dan Laznas BSMU yang terjun ke lapangan, kondisi di Kupang mulai berangsur pulih. Pohon-pohon tumbang dan jalanan mulai dibersihkan. Jaringan listrik dan komunikasi mulai normal setelah sebelumnya mati total.

Regional CEO Surabaya PT. Bank Syariah Indonesia, Ali Muafa menyampaikan, BSI turut prihatin atas banjir yang terjadi di NTT dan wilayah sekitarnya (termasuk Kupang). BSI berkomitmen untuk terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk bersinergi dalam menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

Dedi Setiawan selaku Manager BSMU Care dari Laznas BSMU menyampaikan, sebagai lembaga yang juga bergerak dalam sosial kemanusiaan, pihaknya langsung bertindak cepat untuk respon bencana di NTT.

“Tahap pertama ini (Jumat, 9 April 2021) kami memberikan bantuan paket sembako dan bahan logistik. Kami juga sedang menyusun program bantuan lanjutan bersama Kemenkes,” ujar Dedi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search