Makna Qurban dan Keutamaannya

BSM Umat – Dalam berqurban banyak sekali hikmah yang ada di dalamnya. Tidak hanyak untuk pribadi tetapi juga untuk masyarakat. Qurban adalah salah satu amal yang berdampak di dunia dan akhirat juga menjadikan hidup lebih berkah.

Diceritakan dalam Al Qur’an bahwa Ibrahim mendapat perintah untuk mengurbankan anak tercintanya yaitu Ismail dalam Quran surat As Shaaffaat ayat 102-107:

Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab: “Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar”. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya ), dan Kami panggillah dia: “Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata, dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. (Ash Shaaffaat: 102-107)

Beberapa makna qurban dan keutamaannya yaitu :

Mensyukuri Nikmat Allah

Tentunya kamu sudah tahu bahwa kita semua sangat disarankan untuk mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan Allah pada kita. Salah satu bentuk wujud syukur tersebut adalah dengan Qurban. Hal ini juga dilakukan agar kita semua yang beragama muslim ingat akan nikmat-nikmat Allah kepada Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS. Selain untuk mensyukuri nikmat Allah, menyembelih hewan qurban juga akan mengajarkan kita semua untuk menjadi pribadi yang sabar dan penuh penerimaan.

Memperbanyak Rizki

Allah telah berjanji bahwa siapa yang mau berbagi, bersedekah dan membuat orang lain bahagia, Ia akan melimpahkan rizki untuknya dan juga pahala yang tak terhingga. Seseorang yang mau dengan ikhlas menyembelih hewan qurban, ia pun akan dicintai oleh Allah. “Tidaklah manusia melakukan amal di hari nahr (Hari Raya Idul Adha) yang lebih dicintai Allah dibanding memotong hewan qurban. Sesungguhnya, ia akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan telapak kakinya. Sesungguhnya, sebelum darahnya jatuh ke tanah, ia telah sampai kepada Allah. Mari dari itu, tunaikanlah dengan jiwa yang senang.” (HR. Tirmidzi).

Berbagi Dengan Sesama

Keutamaan selanjutnya dari menyembelih hewan qurban adalah agar kita semakin ikhlas untuk berbagi dengan sesama. Allah SWT selalu menganjurkan hambanya untuk mau saling berbagi rizki dan kebahagiaan dengan sesama. Dan ketika kita mau melakukannya, kita pun akan diberikan pahala yang berlipat ganda. Kita pun bisa merasa lebih dekat dengan semua orang juga dengan sang pencipta.

Mensyiarkan islam dengan cara berqurban adalah sesuatu yang yang sangat dicintai. Dengan program Qurban From Home, Tetap Peduli di masa Pandemi membuat qurban menjadi lebih mudah.

Baca juga : https://bsmu.or.id/berita/qurban-home-tetap-peduli-di-masa-pandemi

   SHARE 
Facebook
Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
Akun
Donasi
Laporan
Search