Bentuk Karakter Anak Lewat Rumah Terampil

Bentuk dan ragam pendidikan itu bermacam-macam. Ada yang melalui sekolah formal dan pendidikan berjenjang bagi yang mampu. Namun ada juga sekolah informal, yang dilakukan dengan mendirikan lembaga pendidikan secara swadaya.

Hal inilah yang menjadi salah satu perhatian Laznas BSM Umat terkait bidang pendidikan. Rumah terampil yang berada di daerah padat penduduk, di daerah Pondok Terong, Cipayung Jaya, Depok ini, berdiri dengan sederhana.

Untuk melakukan donasi dapat dilakukan dengan cara sbb :

  1. Klik Tombol   untuk mulai melakukan donasi.
  2. Log in di web bsmu.or.id dengan user web bsmu.or.id anda. Jika anda belum memiliki user web bsmu.or.id, daftar menjadi user web bsmu.or.id dengan klik di tab "buat akun baru" atau klik disini. Lalu cek inbox email anda untuk melakukan aktivasi dengan cara klik link aktivasi di email yang kami kirimkan.
  3. Lanjutkan proses donasi dan pembayaran sesuai langkah-langkah yang diinformasikan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai proses donasi dapat dilihat disini.

Salah seorang pengajar, Hendra Gunawan menuturkan, awalnya berdiri rumah terampil ini adalah dari niat baik seorang warga yang berada di lingkungan tersebut, untuk menggunakan rumah miliknya yang kosong tidak terpakai.

"Melihat kondisi lingkungan kampung yang sangat sedikit kegiatan pengajian dan menghapal Alquran di daerah tersebut, serta banyaknya remaja yang pengangguran," kata Hendra kepada Tim Laznas BSM Umat, Kamis (26/1/2017).

Hendra menjelaskan, setelah pihaknya bertemu dengan pemilik rumah, maka ide untuk mendirikan wadah pendidikan di lingkungan tersebut terwujud.

"Kemudian bertemu dengan kami dan sangat pas, cocok dengan kami, untuk bisa memberdayakan rumah yang ada serta membuat kegiatan untuk anak-anak dan remaja," tutur Hendra.

Diakuinya, mendirikan rumah terampil ini tidaklah mudah, ada jalan berliku yang harus dilaluinya, hingga kegiatan ini berjalan dengan baik. 

Pria lajang kelahiran 23 Agustus 1989 ini mengungkapkan, sejumlah kegiatan di rumah terampil ini seperti Tempat Pendidikan Alquran (TPA), menghapal Alquran, dan pelatihan keterampilan.

"Ada training, desain grafis, pelatihan komputer, sablon baju, dan lainya sebagainya. Pokoknya kita berupaya untuk memberdayakan dan menggali potensi anak muda di sini," tandasnya.

Tentunya melihat kondisi di atas, Laznas BSM Umat akan memberikan dukungan, agar kegiatan pendidikan tersebut bisa berkembang dan mencakup lebih banyak sumber daya manusia.