Senyum Mereka Tapi Terasa Perih Untuk Kita

Laznas BSM Umat - Kesenjangan sosial dan kemiskinan, menjadi dua sisi persoalan yang belum terselesaikan di negeri ini. Untuk melihat sisi ini, tidak perlu kita jauh-jauh mencari daerah di Indonesia yang dalam kondisi memprihatinkan.

Cukup luangkan waktu mu, untuk melihat keadaan mereka di daerah yang tidak jauh dari pusat bisnis, Ibu Kota Negara ini. Berjalanlah sebentar menuju Desa Batok, Tenjo, Bogor, Jawa Barat.

Wajah-wajah tegar dalam menjalani rutinitas kehidupan, sangat bisa menjadi contoh bagi kita untuk tetap ikhlas dan sabar dalam melewati masa-masa sulit. Tidak ada keluh kesah, hanya senyum yang mereka tebar. 

Tapi senyuman itu terasa getir dan perih untuk kita saksikan. Ada perasaan sedih, haru, dan kalah sebelum bertanding. Pasalnya para warga Desa Batok, mereka bisa begitu tenang dan tanpa beban walau dalam kondisi serba keterbatasan.

Penyakit gizi buruk, minimnya fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK), serta persoalan kemiskinan lainnya, seperti rumah yang berbilik bambu, dan lain sebagainya, tergambar jelas di desa ini.

Di tengah kondisi inilah Laznas Bangun Sejahtera Mitra Umat (BSMU) mencoba mengambil sisi kebaikan yang tercerai di sana. Pada Jumat 4 Agustus 2017, sejumlah relawan dan segenap sumber daya Laznas BSMU, menggelar Bakti Sosial dan memberikan fasilitas MCK di daerah ini.

Bertajuk Jumat Berbagi Berkah (JBB), kegiatan diselenggarakan dua hari berturut-turut, Jumat dan Sabtu 5 Agustus 2017. Sejumlah acara dilakukan, di antaranya membagikan 400 paket sembako, pemberian wakaf Alquran, dan 500 paket pelayanan kesehatan serta gizi anak.

Di tengah kegiatan, melihat senyum dan keceriaan anak-anak, menjadi satu kebahagiaan bagi Laznas BSMU. Terima kasih kepada para donatur Laznas BSM Umat atas kontribusinya, sehingga Desa Batok memiliki fasilitas MCK dan tempat cuci yang baik dan nyaman.

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda:

"Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya." (HR. Muslim)