Ya Allah, Perahu Pengungsi Rohingya Kembali Tenggelam

Laznas BSM Umat - Nasib nahas menimpa para pengungsi Rohingya, di mana sebuah kapal yang mengangkut Muslim Rohingya tenggelam di dekat lepas pantai Bangladesh dan menyebabkan 2 orang tewas. Selain menyebabkan korban tewas, puluhan orang lainnya dilaporkan hilang.

Perahu tersebut diperkirakan mengangkut sekira 100 orang. Perahu tenggelam ketika hendak masuk ke Sungai Naf yang memisahkan Myanmar dan Bangladesh. Sayangnya, jumlah pasti penumpang dalam perahu dan korban hilang masih belum diketahui.

"Perahu yang mengangkut sekira 100 orang itu terbalik di sebuah pesisir di Desa Galachar. Petugas menemukan 2 mayat dan 2 orang lainnya berhasil diselamatkan hidup-hidup," ujar Komandan Penjaga Pantai, Alauddin Nayan, seperti dikutip dari Okezone.com, Senin (9/10/2017).

Nayan menambahkan, 40 orang di perahu tersebut terdiri dari orang dewasa. Sementara sisanya merupakan anak-anak. Kini petugas berwenang telah melakukan operasi pencarian dan penyelamatan terhadap para korban hilang.

Dilansir dari Strait Times, kapal penjaga perbatasan berhasil menemukan dan menyelamatkan 11 Rohingya lainnya. Mereka ditemukan dalam kondisi hidup tak lama setelah perahu tenggelam.

Dari keterangan korban selamat, ada 30 sampai dengan 35 pria di perahu itu. Perahu terbalik di dekat perbatasan Myanmar, sehingga diperkirakan banyak orang Rohingya yang berenang kembali ke Rakhine. Perahu tenggelam akibat cuaca buruk yang memicu gelombang tinggi.

Pekan lalu, sekira 150 orang warga Rohingya tenggelam saat mencoba menyeberang ke Bangladesh dengan menggunakan perahu nelayan kecil. Setelah kejadian itu, petugas langsung menemukan 23 mayat pengungsi. Jumlah korban tewas terus meningkat hingga mencapai 60 orang.